BPKD Layani 80 Transaksi di Layanan Pembayaran PBB di Pasar Pusat

Selasa, 14 Juni 2022, 18:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
BPKD Layani 80 Transaksi di Layanan Pembayaran PBB di Pasar Pusat
Petugas PBB Padang Panjang melayani masyarakat di konter yang didirikan di pendestrian Pasar Pusat Padang Panjang, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (14/6/2022) - Hari pertama dibukanya layanan pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) di pendestrian Pasar Pusat Padang Panjang, yang digelar Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Senin, terhimpun penerimaan pajak sebesar Rp7,1 juta dari 80 transaksi.

Kepala BPKD, Winarno, Selasa menyampaikan, dibukanya layanan ini merupakan salah satu upaya kita guna optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) terutama Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2),

Selain itu, juga untuk memudahkan masyarakat membayar PBB-P2 yang menjadi kewajiban mereka.

"Alhamdulillah, animo masyarakat pada hari pertama kemarin, cukup tinggi. Baik itu pembayaran melalui M-Banking maupun tunai," sebutnya.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Dikatakan, layanan berlangsung sejak kemarin, sampai 30 Juni mendatang. Sebagai upaya mendongkrak capaian realisasi pembayaran PBB di Kota Padang Panjang.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat melakukan pelunasan PBB sebelum jatuh tempo pada 31 Oktober. "Untuk warga yang melakukan transaksi pembayaran di sini, kami menyediakan souvenir menarik," ungkap dia.

Dikatakan, melalui layanan ini pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembayaran yang sudah bisa dilakukan melalui pindai Quick Response Code IndonesianStandard (QRIS).

Sebelumnya pembayaran PBB-P2 dapat dilunasi melalui aplikasi Gojek (GoBills) serta sosialisasi pembayaran tagihan piutang PBB-P2 tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

"Ke depan, kita juga akan memperluas saluran pembayaran melalui Tokopedia," tambahnya seraya menyebutkan tahun ini penetapan PBB Padang Panjang sebesar Rp1,35 miliar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: