Ponpes Darul Ulum Simpan Potensi Budidaya Perikanan

Al Imran | Rabu, 15-06-2022 | 20:30 WIB | 92 klik | Kota Padang
<p>Ponpes Darul Ulum Simpan Potensi Budidaya Perikanan<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama pengasuh Ponpes Darul Ulum di Jl Pintu Angin Lori, Kelurahan Lubuk Minturun, Selasa. (humas)

PADANG (14/6/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, di lokasi Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum di Jl Pintu Angin Lori, Kelurahan Lubuk Minturun, berpotensi dijadikan lokasi budidaya perikanan. Mengingat, sumber air sangat melimpah di kawasan kaki bukit di bagian timur Kota Padang tersebut.

"Maksimalkan potensi lahan yang luas dan kondisi alam yang banyak air di sini. Bisa dikembangkan untuk peternakan ikan dan tanam-tanaman produktif. Sehingga, akan jadi bagian dari kemandirian ekonomi pondok pesantren," ungkap Mahyeldi, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Mahyeldi, saat mengunjungi Ponpes Darul Ulum dalan rangka peletakkan batu pertama gedung belajar. Lokasi baru ini berada di areal seluas kurang lebih dua hektar.


Menurut Mahyeldi, tempat ini sangat representatif dan cocok untuk pendidikan. Santri bisa belajar dengan tenang. "Ciptakan lingkungan yang teduh, nyaman. Pemprov Sumbar akan memberikan dukungan, di antaranya untuk akses jalan, kedepan bisa diperbaiki dengan betonisasi," tambah Mahyeldi.

Berharap kawasan Lori akan menjadi kawasan pendidikan, karena di kawasan sekitar terdapat banyak Ponpes lainnya di antaranya Perguruan Ar Risalah.

Sementara, Pimpinan Ponpes Darul Ulum, Abuya H Tgk Darmis Muar mengapresiasi kehadiran gubernur ke Ponpes Darul Ulum, yang baru saja pindah ke lokasi baru tersebut sejak awal Februari lalu.

Karena keterbatasan dana, Abuya Darmis mengatakan, akan membangun fasilitas Ponpes secara bertahap sesuai kemampuan.

"Saat ini, total santri 328 orang dengan satri baru ada 118 orang. Untuk Rombel kita perlu 15 dan saat ini baru ada 11 yang sebagian di antaranya masih bangunan darurat," ungkap dia.

"Kami bersyukur sekali, hari ini pak gubernur bisa hadir peletakkan batu pertama. Semoga akan menambah semangat kami untuk terus berusaha," ungkap Abuya Darmis.

Ditambahkan Darmis, bantuan dan donasi selama ini datang dari berbagai pihak, termasuk di antaranya para alumni dan dermawan. Termasuk Ustad Abdul Somad yang pernah singgah dan membantu mempublikasikan di media sosial.

"Berkat pertolongan Allah SWT, kami tetap bersemangat bersama alumni dan santri turut bersama-sama bergotong-royong dengan segala keterbatasan dan bantuan Alhamdulillah selalu ada," lanjut Darmis.

Turut hadir dalam peletakkan batu pertama Ponpes Darul Ulum, Ketua MUI Padang, Ketua KAN Koto Tangah, Lurah Lubuk Minturun, Pengurus dan anggota Yayasan Siti Rahmah, warga masyarakat peserta halaqoh mingguan serta santriwan dan santriwati. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar