Peringatan Perang Mangopoh, Wakil Bupati: Siti Mangopoh Layak jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 15 Juni 2022, 20:46 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Peringatan Perang Mangopoh, Wakil Bupati: Siti Mangopoh Layak jadi Pahlawan Nasional
Bupati Agam, Andri Warman didampingi Irwan Fikri (Wabup) dan Forkopimda, apel renungan suci di Taman Makam Pahlawan Siti Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu pukul 00.00 WIB. (humas)

AGAM (15/6/2022) - Bupati Agam, Andri Warman bersama Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri melaksanakan apel renungan suci di Taman Makam Pahlawan Siti Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu pukul 00.00 WIB.

Kegiatan yang dipimpin inspektur upacara, Komandan Kodim 0304 Agam, Letkol Arh Yosip Brozti Dadi itu, turut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Agam.

Meski diwarnai rintik hujan, pelaksanaan seremoni mengenang jasa para pahlawan Manggopoh itu berlangsung khidmat.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati peristiwa Perang Manggopoh setiap tanggal 15 Juni. Selain itu, apel renungan suci ini juga bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan Perang Manggopoh, yang gugur dalam perjuangan merintis kemerdekaan.

Baca juga: Ribuan Warga Balingka Meriahkan Hiburan KIM, Isra: Terima Kasih Pak Karni Ilyas

Pada kesempatan tersebut, Andri Warman mengatakan, renungan suci yang dilaksanakan ini adalah semata-mata demi mengenang jasa pahlawan Perang Manggopoh.

"Karena dengan pengorbanan dan perjuangan Siti Manggopoh dan pahlawan perang Manggopoh lainnya yang berjuang untuk Republik Indonesia 114 tahun yang lalu," ujarnya.

Selanjutnya, disampaikan Andri Warman, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, mari kita pelajari sejarah mengenai perjuangan beliau pada masa penjajahan Belanda.

"Minimal setiap tahun kita harus mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita," tuturnya.

Baca juga: Bupati Agam Gelar Open House Kedua di Mess Belakang Balok

Layak Pahlawan Nasional

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: