Disparpora Sawahlunto Bawa Calon Pemandu Wisata Studi Tiru ke Kubu Gadang

Rabu, 15 Juni 2022, 21:04 WIB | Wisata | Kota Sawahlunto
Disparpora Sawahlunto Bawa Calon Pemandu Wisata Studi Tiru ke Kubu Gadang
Pengelola Kubu Gadang, Yuliza Zein bersama Kepala Disparpora Sawahlunto, Nova Erizon dan anak-anak muda kota arang itu, berbagi pengalaman jadi pemandu wisata di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Rabu. (k

PADANG PANJANG (15/6/2022) - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sawahlunto gelar studi tiru ke Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Rabu.

Kepala Disparpora Sawahlunto, Nova Erizon menyebutkan, pihaknya memilih Kubu Gadang untuk studi tiru guna belajar praktek peserta pemandu wisata budaya.

Ditambah lagi Kubu Gadang merupakan satu-satunya desa wisata yang disertifikasi di Sumatera Barat. Nova menyebut, membawa warga Sawahlunto usia 20-35 tahun yang merupakan hasil seleksi.

"Kami kagum berada di Kubu Gadang ini. Karena peserta merasakan langsung sensasi masuk lumpur dan menikmati hidangan Nasi Baka dan Lamang Tapai dengan keindahan alamnya. Ini patut ditiru," ujarnya.

Baca juga: Kota Tambang Terkaya di Sumbar, Berjaya pada Masa Lalu, Begini Kondisinya Sekarang

Nova Erizon berharap, dengan segala kesederhanaan yang dimiliki Kubu Gadang ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda Sawahlunto sebagai local champion untuk potensi daerahnya.

Sementara itu, Yolanda, salah seorang peserta pelatihan, merasa benar-benar mendapatkan ilmu di sini. Karena ia mempraktekkan langsung jadi pemandu wisata budaya di Kubu Gadang. Ini jadi pengalaman berharga bagi dirinya untuk lebih percaya diri.

Sedangkan Pengelola Kubu Gadang, Yuliza Zein menyampaikan, dengan adanya masyarakat yang belajar ke sini, jadi jalan untuk Kubu Gadang dikenal banyak orang.

"Alhamdulillah, sejauh ini Kubu Gadang banyak kedatangan tamu. Baik itu belajar, adakan acara, dan sebagainya. Semoga ke depan Kubu Gadang bisa menjadi desa wisata terkemuka di Sumbar dan Indonesia," harapnya. (ham)

Baca juga: 18 Peserta Ikuti Operasi Celah Bibir yang Digelar IASMA 1 Landbouw Bukittinggi, Ini Kata Gubernur

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: