Kubu Gulai Bancah Wakili Bukittinggi di Lomba Kelurahan Beprestasi Sumbar Tahun 2022

Kamis, 16 Juni 2022, 14:31 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Kubu Gulai Bancah Wakili Bukittinggi di Lomba Kelurahan Beprestasi Sumbar Tahun 2022
Wawako Bukittinggi, Marfendi didampingi Nurna Eva Karmila (ketua GOW Bukittinggi) pada penilaian kelurahan berprestasi tingkat nasional yang diikuti Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kamis. (hamriadi)

BUKITTINGGI (16/6/2022) - Tokoh masyarakat Kelurahan Gulai Bancah, Heru Triastanawa menyampaikan, enam tahun silam, kelurahan ini merupakan kelurahan berprestasi tingkat nasional. Warga berharap, sejarah itu dapat terulang lagi di 2022 ini.

Lurah Gulai Bancah, Andri Gusfrima, ungkap Heru, merupakan lurah muda energik, dekat dengan masyarakat dan banyak berinovasi untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satunya, membuat website untuk promosi produk UMKM Gulai Bancah.

"Gulai Bancah merupakan kelurahan unik yang hanya punya 2 RW, dengan luas 181 Ha. Kelurahan Gulai Bancah, jadi lokasi banyak perkantoran pemerintahan. Kita berharap, kelurahan Kubu Gulai Bancah dapat mewakili Sumatera Barat pada penilaian tingkat nasional, jadi kelurahan hebat sebagai bagian Bukittinggi Hebat, sesuai visi misi Wali Kota Bukittinggi," ujar Heru di Bukittinggi, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Heru, pada penilaian kelurahan berprestasi tingkat provinsi tahun 2022. Tim penilai melakukan verifikasi lapangan disambut Wali Kota Bukittinggi diwakili Sekda, Martias Wanto di kantor Lurah Gulai Bancah.

Baca juga: Marfendi Berbagi Pengalaman Politik pada Buka Bersama IKTR

Martias Wanto menyampaikan, Kelurahan Kubu Gulai Bancah, merupakan kelurahan terbaik di Kota Bukittinggi, hasil penilaian tim kota tahun 2022 ini. Kubu Gulai Bancah siap mengukir kembali sejarah enam tahun lalu, jadi kelurahan terbaik di tingkat nasional.

"Dalam urusan pemerintahan, telah diukur keberhasilan dan juga beberapa item yang masih perlu ditingkatkan. Dari penilaian, Kubu Gulai Bancah saat ini memang menjadi terbaik di Bukittinggi dan siap kembali menjadi terbaik di Sumbar hingga tingkat nasional," terangnya.

"Banyak inovasi yang dilahirkan Kelurahan Kubu Gulai Bancah, dalam rangka memberdayakan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambah Martias Wanto.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatra Barat, Amasrul selaku tim penilai menjelaskan, penilaian memang mengarah pada upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pasca covid-19. Tema lomba tahun ini, "Nagari/Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh."

Baca juga: Marfendi Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Penanaman Modal Daerah dan Ranperda PPPA

"Pelaksanaan penilaian bertujuan, untuk mengevaluasi dan mendorong pemerintah kelurahan mengembangkan potensi masyarakat yang ada dan sebagai wadah apresiasi pemerintah pusat dan provinsi serta kota, atas prestasi mewujudkan memandirikan dan mensejahterakan masyarakat di kelurahannya," jelasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: