Sirup Kulit Manis Antarkan Fadli Rahmadi ke Ajang Nasional Pemuda Pelopor

Jumat, 17 Juni 2022, 18:10 WIB | Kuliner | Kab. Agam
Sirup Kulit Manis Antarkan Fadli Rahmadi ke Ajang Nasional Pemuda Pelopor
Fadli Rahmadi terpilih sebagai Pemuda Pelopor Sumatera Barat tahun 2022 dengan karya sirup kulit manis. (humas)

AGAM (17/6/2022) - Rang Sumando Malalak, Fadli Rahmadi terpilih sebagai Pemuda Pelopor Sumatera Barat tahun 2022. Pemuda asli Baso ini, berhasil memeroleh nilai tertinggi kepeloporan bidang pangan dengan perolehan nilai rata-rata 8,790.

Sebelumnya ia menjalani fact finding di bawah pengawasan juri, Rahmawati Koto beberapa waktu laku. Inovasi di bidang pangan yang diterapkannya di Malalak Barat, merupakan kunci sukses yang menghantarkannya jadi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Sumbar.

"Konsep pemberdayaan yang saya lakukan, bertajuk inovasi pangan lestari dan berkelanjutan sirup kulit manis malbar cassiavera bebas limbah. Ini pertama di Indonesia," ujar Fadli, Jumat.

Inovasi pemuda kelahiran 27 tahun ini, dinilai berhasil memajukan SDM sekaligus meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Malalak.

Baca juga: Tokoh Minang ini adalah Orang Pertama Gunakan Kata 'Indonesia' dan 'Orang Indonesia'

Fadli melakukan kepeloporannya dengan mengorganisir masyarakat. Melalui Kelompok Wanita Tani Hutan-Aktivitas Wanita Rajin (KWTH-AWR), masyarakat didorong memproduksi sirup berbahan kulit manis.

Nilai tambah sirup produksi industri rumah tangga terbebas dari limbah. Pasalnya, sisa limbah produksi masih bisa dimanfaatkan untuk bahan kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Sirup Kulit manis yang saya ciptakan, merupakan produk pertama di Sumatera Barat. Kami memakai tumbuhan alami sebagai pengawet dan limbah yang dihasilkan kami olah jadi pupuk dan bricket," terang Fadli.

Menjelang penilaian tingkat nasional, Fadli mengaku, tengah melakukan sejumlah persiapan baik soal administrasi maupun materi penilaian.

Baca juga: Fadli Zon Buka Pameran Nasional Filateli Sumbarphex 2023 di Bukittinggi

Demi kelancaran penilaian nanti, ia berharap, masyarakat Kabupaten Agam khususnya, Provinsi Sumatera Barat umumnya, turut mendoakan perjuangannya di tingkat nasional.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: