Diskominfo Ajak Masyarakat Segera Beralih ke Siaran Digital, Ampera: Literasi Tontonan Diperlukan

Al Imran | Minggu, 19-06-2022 | 17:17 WIB | 207 klik | Kota Padang Panjang
<p>Diskominfo Ajak Masyarakat Segera Beralih ke Siaran Digital, Ampera: Literasi Tontonan Diperlukan<p>

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Padang Panjang, Ampera Salim.

PADANG PANJANG (19/6/2022) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Padang Panjang, Ampera Salim mengharapkan, warga Padang Panjang khususnya dan Indonesia secara umum, segera menikmati siaran digital.

Informasi dari pusat, terang Ampera, Indonesia sudah jauh tertinggal dalam pemanfaaatan siaran televisi digital. Negara-negara di Asean, sudah tiga tahun lalu memanfaaatkan siaran digital. Tinggal Indonesia dan Timor Leste yang belum beralih dari siaran analog ke digital.

"Mari kita dukung program pemerintah ini, dengan hati-hati memilih siaran. Sebab, di TV Digital akan banyak channel yang bisa ditonton masyarakat. Pilihlah siaran yang sesuai dengan budaya kita," ajak Ampera sembari mengedukasi warga untuk bijak memilih tontonan.


Bagaimana menikmati siaran TV digital tanpa harus menggunakan perangkat set top box (STB).

Caranya sebagai berikut:

  • 1. Beli TV yang telah memiliki fitur DVB-T2

Untuk mengetahui televisi memiliki fitur DVB-T2 atau tidak, sebagai berikut:

  • Buka laman resmi kominfo di siarandigital.kominfo.go.id
  • Pilih menu 'Perangkat TV Digital'
  • Klik 'Pilih Kategori'
  • Pilih 'Televisi'
  • Tulis merek dan tipe televisi
  • Jika bisa menerima siaran TV digital, maka nama merek dan tipe televisi akan muncul
  • Jika tidak, akan muncul keterangan "Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat"

Beberapa merek dan tipe televisi yang memiliki fitur DVB-T2 yakni Samsung 32T4001, Polytron PLD 32TV1855, Coocaa 32D5T, LG 32LM550BPTA, TCL 32B3, Sharp Aquos LED 2T-C32DC1i, Panasonic 32H410G, Changhong 32H1, Toshiba 32L3965, dan Toshiba 32L3965.

  • 2. Smart TV

Smart TV tidak membutuhkan set top box untuk menangkap siaran TV digital. Perangkat ini dikenal sebagai Internet TV, karena mampu menyediakan program tambahan melalui konektivitas internet.

Pengguna dapat menonton film pada situs streaming melalui Smart TV. Perangkat ini juga bisa mengakses YouTube.

  • 3. Android TV

Perangkat ini disebut sebagai penerus Smart TV. Televisi jenis ini dilengkapi dengan koneksi internet dan Wi-fi.

Perbedaan dengan Smart TV yakni, perangkat ini memiliki sistem operasi android seperti ponsel pintar (smartphone) dan prosesor. Ini memungkinkan televisi terhubung ke Google Play Store.

Beberapa ponsel lawas atau feature phone ada juga yang memiliki fitur televisi, namun siaran yang ditangkap yakni TV analog.

Alhasil, gawai ini tidak bisa digunakan saat migrasi ke TV digital dimulai.

Merek ponsel yang memiliki fitur TV analog yakni Cross, Mito, CSL Blueberry, Mito, Polytron dan Asiafone. Rerata mempunyai antena mini di bagian atas ponsel.

Berikut ini 7 Tips cara memaksimalkan siaran TV digital dilansir dari kanal Youtube Veist Manto:

  • 1. Gunakanlah antena Outdoor dengan ketinggian diatas atap rumah atau bangunan sekitar agar hasil yang didapat maksimal.

Semakin panjang antena maka makin bagus hasil sinyal yang didapatkan.

  • 2. Jangan anggap remeh kabel antena. Karena siaran digital membutuhkan bandwidth yang besar.

Seperti siaran parabola, kabel antena penting diperhatikan minimal bisa menggunakan kabel RG6 Belden US atau Kitani RG6 original.

  • 3. Pasang konektor pada kabel dengan benar. Karena konektor antena biasa umumnya itu kalau ditekuk langsung lepas tembaganya.

Kalau bisa beli dapat menggabungan konektor F5 dan Antena TV, sehingga konektor menggigit kuat pada kabel antena.

  • 4. Menggunakan STB digital bagi sobat yang televisinya-nya masih tabung atau belum support digital terestrial 2.

Banyak TV lama yang sudah support digital tapi sebenarnya itu adalah DVB T1 bukan DVBT 2 yang saat ini jadi standart digital Indonesia.

  • 5. Sebisa mungkin hindari adanya sambungan dan colokan antena yang tertanam ditembok. Karena banyak rumah yang dibangun sudah ada konektor tembok.

Modifikasi agar bisa langsung tarik kabel tanpa sambungan. Karena akan berkurang sinyalnya jika ada sambungan.

  • 6. Jika sobat mempunyai rumah yang luas dan besar. Biasanya butuh kabel sangat panjang dari antena outdoor ke TV sobat.

Kabel yang panjangnya di atas 25 meter sebaiknya ditambahkan booster.

  • 7. Sebelum membeli STB digital pastikan di tempat sobat sudah tercover jaringan TV Digital.

Bisa melihat informasi di wikipedia dan menggunakan aplikasi android untuk melihat sinyal tv digital dilokasi sobat.

Itulah 7 tips cara memaksimalkan siaran TV digital, agar semua channel bisa tercover dan bagus kualitasnya.

Seiring telah mendapatkan siaran digital, Ampera mengimbau masyarakat, bijak dan cerdas dalam memilih siaran televisi. Sebab, siaran digital ini akan menyediakan banyak pilihan tontonan gratis. Imbauan serupa pun disampaikan Ampera, pada masyarakat yang di TV nya sudah bisa menangkap siaran digital dengan STB yang dibeli secara mandiri.

"Jika semua masyarakat Padang Panjang sudah bisa menangkap siaran TV Digital, baik melalui bantuan STB ataupun langsung sudah ada di TV, maka Pemko akan melakukan sosialisasi memilih (literasi) tontonan yang pantas ditonton anak-anak, remaja ataupun orangtua," jelas Ampera Salim.

Di Kota Padang Panjang yang dikenal dengan Kota Serambi Mekah ini, PT Pos Indonesia Kantor Cabang (KC) Padang Panjang telah menyerahkan sebanyak 248 unit STB gratis kepada masyarakat penerima di empat kelurahan.

Dengan rincian data per kelurahan yaitu 67 Kepala Keluarga (KK) Kelurahan Sigando menerima STB dan 60 KK di Kelurahan Ngalau pun memperoleh perangkat tersebut. Selanjutnya, 29 KK di Kelurahan Tanah Pak Lambik dan 92 KK di Kelurahan Koto Panjang juga menerima STB. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar