570 STB Gratis Telah Dibagikan PT POS di Sumatera Barat

Senin, 20 Juni 2022, 20:47 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
570 STB Gratis Telah Dibagikan PT POS di Sumatera Barat
Perangkat Set Top Box (STB) yang digunakan untuk menangkap siaran digital.

PADANG (20/6/2022) - Deputi Eksekutif General Manager PT Pos Indonesia KCU Padang, Lukman Pangaribuan menyebutkan, di Sumatera Barat telah didistribusikan 570 unit Set Top Box (STB) pada masyarakat miskin yang terdata sebagai penerima STB gratis dari pemerintah tahap I.

Secara nasional, jumlah STB yang disiapkan untuk ASO tahap pertama ini adalah sebanyak 3.202.470 unit. Rinciannya, 893.044 unit dari grup SCTV dan Indosiar, 842.631 unit (grup MNC TV RCTI dan Global TV), 454.749 unit (grup Trans TV dan Trans7), 519.930 unit (grup media atau Metro TV), 368.990 unit (grup RTV) dan pemerintah sebanyak 87.277 unit.

"STB gratis tersebut disalurkan pada masyarakat yang terdata dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteran Sosial) yang diterbitkan Kementerian Sosial di Kota Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi dan Sawahlunto sejak Maret hingga 31 Mei 2022," ungkap Lukman Pangaribuan di Padang, Senin.

Menurut Lukman, saat ini Kominfo RI tengah mengevaluasi pendistribusian STB tahap pertama yang sudah diberikan ke masyarakat dalam program ASO 2022.

Baca juga: PT POS Cabang Pariaman Salurkan 120 STB di Dua Kelurahan

Pada evaluasi tersebut, Kominfo tentunya akan memperbaiki prosedur alokasi pendistribusian STB tahap pertama. Ia berharap, diseminasi Kementrian Kominfo ke Dinas Kominfo provinsi serta kabupaten/kota. Tujuannya, agar sinerginya lebih bagus lagi.

Kriteria penerima STB gratis dari pemerintah itu antara lain dapat menerima siaran dari pemancar teresterial atau berada pada wilayah layanan siaran penyelenggara multiplexing. Tidak menggunakan parabola. Kemudian, rumah tangga miskin yang memiliki televisi.

Berdasarkan ketentuan Pasal 85 PP No 46 Tahun 2021 disebutkan, akan ada 6,7 Juta alat bantu (STB) untuk rumah tangga miskin yang harus disediakan penyelenggara multipleksing (LPP TVRI) dan dapat dibantu oleh pemerintah.

Pemerintah mulai membagikan set top box (STB) TV digital secara gratis pada masyarakat di 56 wilayah dengan rincian 166 kabupaten/kota terdampak analog switch off (ASO) tahap 1 melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga: Peralihan Siaran Analog ke Digital, Jasman: Pemprov Sumbar Siap Dukung dan Sukseskan

Kemenkominfo pun menyiapkan laman khusus yang bisa diakses masyarakat, guna mengetahui apakah daerahnya kebagian bantuan STB gratis. Caranya; dengan mengunjungi laman Komin.fo/stbASO1

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: