Realisasi PKB dan BBNKB Semester I Samsat Padang Panjang Tembus 49,7%

Senin, 20 Juni 2022, 22:14 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Realisasi PKB dan BBNKB Semester I Samsat Padang Panjang Tembus 49,7%
Wakil Ketua Komisi III Bidang Keuangan DPRD Sumbar, Rahmat Saleh memaparkan maksud kunjungan kerjanya ke UPTD Samsat Padang Panjang, di ruang rapat Samsat, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (20/6/2022) - Target pendapatan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Kota Padang Panjang, hingga 18 Juni 2022 tembus pada angka 46% untuk PKB serta 49,7% BBNKB.

"Untuk PKB, realisasinya mencapai Rp7,763 miliar dari 11.320 unit kendaraan. Sedangkan untuk BBNKB, realisasinya mencapai Rp3,178 miliar dari 1.761 unit kendaraan," ungkap Kepala UPTD Samsat Padang Panjang, Deni Hidayat saat menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Sumbar di ruang rapat Samsat Padang Panjang, Senin.

Deni menyebutkan, tahun ini pihaknya menargetkan pendapatan dari PKB dan BBNKB di Kota Padang Panjang bisa naik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini kita menargetkan pendapatan dari PKB naik jadi Rp17,053 miliar dengan menjangkau 26.557 unit kendaraan," ungkapnya.

Baca juga: DPRD Sumbar Terima Kunjungan Konsultasi Perubahan Peraturan Tatib DPRD Solok Selatan

"Sedangkan untuk BBNKB, diharapkan juga bisa naik di angka Rp6,389 miliar dengan target unit sebanyak 3.491," tambah Deni.

Deni yang baru saja dilantik sebagai kepala UPTD Samsat Padang Panjang ini, juga optimistis, untuk realisasi PKB dan BBNKB pada akhir tahun nanti, dapat melebihi target seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Samsat Padang Panjang juga memiliki beberapa kegiatan untuk meningkatkan pencapaian target. Di antaranya mengefektifkan operasional Samsat keliling, BDU, razia mitra, informasi melalui videotron, spanduk," terangnya.

"Juga dilakukan penyebaran informasi melalui mobil keliling milik Kominfo Padang Panjang, lewat radio, sosial media, koordinasi dengan pemerintah daerah dan Samsat Kuliner yang aktif saat Ramadhan di Pasar Kuliner Padang Panjang," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Bidang Keuangan DPRD Sumbar, Rahmat Saleh mengatakan, kunjungan lapangan ini terkait dengan peninjauan realisasi salah satu sumber pendapatan terbesar yang jadi unggulan Pemprov Sumbar yaitu pajak kendaraan bermotor ini.

"Kita ingin memastikan di Padang Panjang, pendapatan yang berkaitan dengan PKB dan BBNKB ini dapat dilaksanakan dengan baik. Apalagi di sini memiliki kepala UPTD yang baru seminggu menjabat. Kita ingin tahu juga, seperti apa perencanaannya untuk memajukan Samsat ke depan," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: