PT POS Cabang Pariaman Salurkan 120 STB di Dua Kelurahan

Senin, 20 Juni 2022, 22:47 WIB | Kabar Daerah | Kota Pariaman
PT POS Cabang Pariaman Salurkan 120 STB di Dua Kelurahan
Ilustrasi.

PADANG (20/6/2022) - Warga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) di Kelurahan Tungkal Selatan dan Tungkal Utara, Kecamatan Pariaman Utara telah menerima perangkat Set Top Box (STB) yang akan dimanfaatkan untuk menangkap siaran televisi digital.

Penyaluran STB gratis ini, dilakukan PT Pos Indonesia Kantor Cabang Pariaman pada 120 orang warga penerima manfaat di dua kelurahan tersebut. Petugas PT Pos langsung memasangkan perangkat STB ini hingga bisa menerima siaran digital.

"Penyaluran 120 STB pada warga penerima manfaat, tuntas dilakukan pada pertengahan Mei 2022 lalu. Sedangkan pendistribusiannya, sudah berlangsung sejak pertengahan April 2022," ucap Eksekutif Manager PT Pos Indonesia Kantor Cabang Pariaman, Herri Kardinal melalui sambungan telepon, Senin.

Dikatakan Herri, enam personel PT Pos Indonesia Kantor Cabang Pariaman, ditugaskan untuk menyalurkan STB serta langsung menginstalnya ke perangkat televisi masyarakat sesuai data DTKS yang diterbitkan Pusdatin Kemensos RI.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Cupak Solok, Suwirpen: Awasi Generasi Muda dari Pengaruh Narkotika

"Tugas kami adalah mendistribusikan, memasang STB hingga memastikan masyarakat mendapatkan tontonan yang bersih dan jernih," ucap Herri Kardinal.

Dikatakan Herri, perangkat STB itu datang ke kantor Pos Cabang Kota Pariaman, sudah lengkap dengan alamat yang dituju, layaknya pengiriman surat biasa. Artinya, STB datang lengkap dengan data calon penerimanya.

Dalam pendistribusian, para petugas tidak mengalami kendala, hanya saja alamat yang dituju kadang-kadang pemiliknya tak ada di rumah. "Terhadap kendala seperti ini, petugas akan kembali besoknya, hingga STB itu sampai ke tangan penerima yang berhak. Ini yang kadang membuat penyaluran sedikit memakan waktu," terang dia.

Jika dilihat di lapangan, penyaluran STB sudah tepat sasaran. Sebab dua kelurahan di Pariaman itu, merupakan daerah pelosok yang jauh dari kota dan masyarakatnya tidak memiliki antena parabola di rumah.

Baca juga: KPU Agam Gelar Lomba Cipta Maskot Pilkada, Ini Link Persyaratannya

"Pada dasarnya dalam pendistribusian STB kami tak mengalami kendala," ucap Herri Kardinal yang berharap Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) memastikan lokasi penerima STB sudah terkonek dengan siaran TV Digital. Artinya, daerah tersebut sudah bisa menangkap sinyal siaran digital.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: