Ini Pesan Bupati Agam di Pelatihan Pemuda Pelopor Nagari Madani

Al Imran | Rabu, 22-06-2022 | 21:01 WIB | 126 klik | Kab. Agam
<p>Ini Pesan Bupati Agam di Pelatihan Pemuda Pelopor Nagari Madani<p>

Bupati Agam, Andri Warman foto bersama dengan peserta pelatihan Pemuda Pelopor Nagari Madani, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu. (humas)

AGAM (22/6/2022) - Bupati Agam, Andri Warman mengatakan, pemuda pelopor merupakan aset daerah yang memiliki segmentasi tersendiri dalam mendukung pembangunan. Para pemuda memiliki energi positif untuk melakukan sebuah perubahan.

Menurut Andri Warman, pemuda merupakan instrumen penting untuk merawat cita-cita kemajuan daerah. Ini mengingat para pemuda lah yang memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang.

"Tak ayal, Ir Soekarno begitu mengandalkan kaum muda. Berikan aku 10 pemuda, maka akan aku gonjangkan satu dunia," ujar Andri Warman mengulangi petuah presiden pertama Indonesia saat membuka pelatihan Pemuda Pelopor Nagari Madani, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu.


Mengingat begitu penting peran pemuda terhadap pemuda dalam pembangunan daerah, Andri Warman mengajak pemuda memanfaatkan momentum pelatihan itu, sebagai ajang untuk berkolaborasi dan berkoordinasi antar sesama.

"Kita boleh berbeda pendapat namun tetap harus satu tujuan yaitu menjadi pemuda-pemudi berwawasan serta berintelektual tinggi untuk mencapai kesuksesan dan meraih masa depan yang gemilang," tuturnya.

Sementara itu, Kadisparpora Agam, Syatria mengatakan, pelatihan pemuda pelopor merupakan upaya mendukung program pembangunan daerah Kabupaten Agam, khususnya di bidang kepemudaan.

Selain itu, juga usaha mempersiapkan pemuda-pemuda pelopor mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi sampai ke tingkat nasional.

"Adapun bidang kepeloporan yang dikompetisikan setiap tahun terdiri dari 5 bidang yakni bidang pendidikan, bidang agama, sosial dan budaya, bidang pengelolan Sumber Daya Alam, bidang pangan dan bidang inovasi teknologi," sebutnya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari itu, diikuti sebanyak 92 pemuda-pemudi dengan kriteria usia 16-30 tahun yang berasal dari nagari-nagari se Kecamatan Lubuk Basung.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Sumbar, Lazuardi Erman, Anggota DPRD Agam, Joni Saputra.

Narasumber, Kapolres Agam diwakili Kasatbimas, Iptu Azwir Yani, Kadis Parpora, Satria, Camat Lubuk Basung, Rizona Guiza dan Walinagari se-Kecamatan Lubuk Basung. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar