Najjar Lubis Inisiasi Pembangunan Jalan Tembus Aek Nabirong ke Madina dengan Dana Pribadi

Al Imran | Kamis, 23-06-2022 | 19:41 WIB | 129 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>Najjar Lubis Inisiasi Pembangunan Jalan Tembus Aek Nabirong ke Madina dengan Dana Pribadi<p>

Tokoh masyarakat Pasaman Barat, Najjar Lubis bersama tokoh masyarakat Aek Nabirong dan Madina foto bersam usai pembahasan pembukaan jalan tembus sepanjang 7 Km secara swadaya, Rabu. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (23/6/2022) - Tokoh masyarakat Pasaman Barat, Najjar Lubis berencana akan membuka jalan tembus dari Jorong Aek Nabirong di Pasaman Barat menuju Kabupaten Mandahiling Natal (Madina) di Sumatera Utara secara swadaya sepanjang 7 Km.

"Pembukaan jalan baru ini, akan membuat akses Madina lebih dekat dibanding melalui jalur jalan Simpang Gambir yang ada sekarang," kata Najjar Lubis, saat bertemu dengan tokoh masyarakat dan para Kepala Desa Penyabungan Madina di kediamannya tempat Wisata Peridon Maju Aek Nabirong, Rabu.

Menurut Najjar, rencana jalan yang akan dibuka tersebut, dari kampung Sigantang tembus ke Madina sepanjang sekitar 7 Km dengan lebar 12 meter hingga sampai ke perbatasan Madina. Sementara, 10 Km lagi tentu diharapkan bisa dikerjakan Pemerintah Kabupaten Madina.


"Sebagai permulaan sekarang tentu kita bertemu dulu dengan tokoh masyarakat dan sejumlah Kades Madina, setelah ada kesepakatan nanti baru kita akan bertemu antar dua pemerintahan," terangnya.

"Alhamdulillah, tokoh masyarakat dan kepala desa perbatasan sangat setuju rencana kita dan mendapat sokongan penuh," tambah Najjar yang juga didampingi sejumlah tokoh masyarat Aek Nabirong dan Kepala Jorong setempat.

Dengan dibukanya akses jalan Sigantang-Penyabungan Madina itu, jelas Najjar, akan hemat waktu sekitar satu jam ke Madina jika melalui jalan sekarang dari Simpang Gambir ke Penyabungan Madina dengan kendaraan mobil. Selain itu, akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kalau sekarang kita ke Madina lewat jalan Simpang Gambir memakan waktu sekitar 4 jam dengan jarak lebih kurang 100 Km. Tetapi, kalau jalan baru Sigantang ini dibuka, jarak tempuh jadi sekitar 70 km atau sekitar tiga jam saja kita sudah sampai ke Madina, bahkan bisa lebih cepat dari itu," kata Najjar.

Dihadapan masyarakat Penyabungan Madina, Najjar juga mengutarakan niat baiknya, rencana pembukaan jalan tersebut akan dikerjakan secara pribadi atau swadaya.

Dengan niat, membangun kampung halaman sehingga dengan terbukanya akses jalan lintas yang menghubungkan dua antar provinsi itu, tentu akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat kedua kabupaten itu.

"Insya Allah, tidak ada niat saya, akan mengambil kayu di sekitar jalan yang dibuka. Niat saya adalah ingin memajukan perekonomian masyakarat sekitar, dengan terbukanya akses jalan tersebut," katanya.

Kata berjawab, gayung bersambut. Salah seorang tokoh masyarakat Penyabungan Madina, Holomongan menyampaikan dukungan penuh atas niat baik Najjar Lubis, yang akan membuka jalan tembus Pasbar-Madina secara swadaya.

"Allhamdulillah, terima kasih atas niat baik Bapak Najjar, sehingga hubungan Madina dengan Minangkabau semakin dekat. Kami para tokoh masyarakat, sangat mendukungnya demi kesejahteraan kedua masyarakat," kata Holomongan yang juga diamini sejumlah Kades dan tokoh masyarakat setempat.

Selanjutnya, rencana baik itu akan ditindaklanjuti dengan pertemuan kedua pemerintahan antara Pemkab Pasaman Barat dan Madina itu dengan pertemuan selanjutnya.

"Nanti, akan kita carikan jadwal pertemuan selanjutnya," kata Najjar.

Sebelumnya, Najjar juga telah banyak berkarya membangun atau membuka jalan lingkar di Aek Nabirong dengan dana pribadi sampai pengerasan, kemudian dihibahkan ke pemerintah untuk selanjutnya di aspal.

Nilai jalan yang dibangun Najjar sudah miliaran rupiah, yang diberi nama dengan Jalan Najjar Satu sampai Tujuh. Sehingga, dia dikampungnya disebut masyarakat sebabai 'Bapak Pembangunan' atau sebagai sosok inspiratif.

"Selagi saya sehat, niat saya cuma satu hanya ingin membangun Aek Nabirong. Insya Allah, sudah terlaksana berkat dorongan Masyarakat Aek Nabirong dan sekarang masyarakat bisa menikmatinya," terang dia.

"Terkait ekonomi pun sudah meningkat. Itu perjungan Najjar Lubis demi membangun Kampung halamannya dan Objek Wisata Pridon siap Maju sudah ada di Aek Nabirong," ujarnya. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar