Gempa Bumi Tektonik 4,9 Dirasakan di Pesisir Selatan

Sabtu, 25 Juni 2022, 19:36 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Gempa Bumi Tektonik 4,9 Dirasakan di Pesisir Selatan
Infografis.

PADANG PANJANG (25/6/2022) - Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang, Suaidi Ahadi mengungkapkan, terjadi gempabumi tektonik pada Sabtu dinihari sekitar pukul 01.56 WIB.

"Gempa berkekuatan 4,9 SR ini, episenternya terletak pada koordinat 1.86 LS dan 100.36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 km Barat Laut Air Haji, Pesisir Selatan pada kedalaman 24 kilometer," ungkap Suaidi Ahadi dalam pernyataan tertulis yang diterima, Sabtu pagi.

Dikatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Mentawai.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, Painan dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca juga: RELAWAN SATRIA INSPIRES: Dipercaya Perantau, Di Apresiasi Pemkab Pessel

Di Kota Padang dengan skala intensitas III-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ungkapnya.

Hingga pukul 02.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ungkapnya. (kyo)

Baca juga: BENCANA AIR BAH: Jembatan Darurat Koto Rawang Putus, Ribuan Warga Kembali Terisolasi

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: