Nonton Pacu Kuda Gratis Kecuali Parkir, Fadly: Ayo Ramaikan Alek Nagari Pabasko

Al Imran | Sabtu, 25-06-2022 | 20:28 WIB | 181 klik | Kota Padang Panjang
<p>Nonton Pacu Kuda Gratis Kecuali Parkir, Fadly: Ayo Ramaikan Alek Nagari Pabasko<p>

Wako Padang, Fadly Amran meninjau lapangan Bancah Laweh, Sabtu jelang pelaksanaan Pacu Kudo Alek Nagari Padang Panjang, Batipuah dan X Koto (Pabasko), Ahad (26/6/2022) besok. (kominfo)

PADANG PANJANG (25/6/2022) -- Iven Pacu Kudo Alek Nagari Padang Panjang, Batipuah dan X Koto (Pabasko), Ahad (26/6/2022) besok, tidak akan dipungut tiket masuk bagi masyarakat yang ingin menyaksikan.

"Panitia telah sepakat tidak akan ada pungutan biaya untuk menonton pacu kuda ini. Termasuk para pedagang yang berjualan, juga tidak akan dipungut biaya," ungkap Sekretaris Panitia Pelaksana, Hendriko RT, Sabtu,

Dikatakan Hendriko, panitia berniat untuk ikut meningkatkan ekonomi masyarakat. Makanya, tidak ada pungutan tiket masuk untuk menonton.


"Supaya ramai yang datang ke sini, kita juga tidak pungut biaya untuk lapak UMKM yang ingin berjualan, dengan catatan harus mendaftar terlebih dulu ke panitia," katanya.

Hendriko menyampaikan, bila nantinya ditemukan di lapangan ada yang melakukan pungutan liar (Pungli) selain dari uang parkir kendaraan bermotor yang telah ditetapkan panitia, masyarakat dapat melaporkan langsung ke sekretariat panitia maupun ke Polres Padang Panjang.

"Jangan coba-coba melakukan Pungli. Kalau kedapatan, akan kita tindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Mari kita jaga alek nagari ini bersama-sama," sebutnya.

Hendriko juga mengajak seluruh masyarakat, baik dari Kota Padang Panjang maupun luar untuk datang beramai-ramai menyaksikan pacu kuda ini.

"Mari kita bersama-sama datang besok ke Bancalaweh. Jangan risau untuk tiket masuk, karena gratis. Kalau untuk parkir kendaraan bermotor, tetap bayar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pengelola parkir," tutupnya.

Ayo Ramaikan

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran mengajak seluruh masyarakat, baik warga Kota Padang Panjang maupun masyarakat luas, untuk datang beramai-ramai menyaksikan Pacu Kuda Alek Anak Nagari Pabasko.

"Mari beramai-ramai ke gelanggang pacuan Bancalaweh untuk menyaksikan Alek Nagari yang telah lama kita nanti-nantikan ini. Jangan cemas, untuk tiket masuk panitia sudah menetapkan gratis," kata Fadly usai rapat teknis dengan OPD dan Panitia di Rumah Dinas Wako, Sabtu.

Disebutkan Fadly, kehadiran Alek Nagari Pacu Kuda ini juga dapat dijadikan sebagai wadah menjalin silaturahmi, serta mempertahankan nilai-nilai budaya yang tertanam di dalamnya. Juga akan menambah nilai ekonomi masyarakat khususnya di Kota Padang Panjang.

"Dengan adanya pacu kuda ini, semoga dapat mencetak atlet-atlet berkuda andal yang mampu mengharumkan nama Kota Padang Panjang dan Sumatera Barat ke tingkat nasional hingga internasional," harapnya.

Dia berharap, iven ini juga jadi wahana hiburan bagi masyarakat, serta bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar arena pacuan kuda dan Padang Panjang pada umumnya.

"Semoga perhelatan pacuan kuda ini bisa berdampak kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah). Kita di sini juga tidak memungut biaya untuk para UMKM yang ingin berjualan. Mudah-mudahan event ini bisa berjalan dengan baik dan bisa menjadi event tahunan di Kota Padang Panjang," harap Fadly.

Usai melakukan rapat teknis, Fadly langsung melakukan kunjungan lapangan ke gelanggang pacuan kuda. Sebanyak 51 ekor kuda sudah dipastikan akan berlaga di event Pacu Kuda Pabasko ini. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar