Tim Pengabdian Masyarakat UNU Sumbar Tanam Mangrove di Sungai Pinang

Senin, 27 Juni 2022, 23:13 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Tim Pengabdian Masyarakat UNU Sumbar Tanam Mangrove di Sungai Pinang
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UNU Sumatera Barat, Firdaus menanam mangrove di kawasan pantai Nagari Sungai Pinang di Kecamatan Koto XI Tarusan pada kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar selama sebulan, Mei sampai Juni 2022 kemarin.

PESISIR SELATAN (27/6/2022) - Nagari Sungai Pinang di Kecamatan Koto XI Tarusan, jadi lokasi penanaman bibit bibit mangrove oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat.

"Tanaman Mangrove memberikan pengaruh nyata terhadap kelestarian hutan mangrove di kawasan pantai pesisir Sungai Pinang. Namun di balik itu, hukum dan kelembagaan kurang berpengaruh nyata terhadap upaya pelestariannya," ungkap Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UNU Sumatera Barat, Firdaus di Padang, Senin.

Dikatakan, penanaman mangrove ini melibatkan komunitas Kelompok Wisata Nagari Sungai Pinang (Andespin) yang spesifik pada kegiatan menyelam (diving).

Pada pengabdian masyarakat yang digelar selama 1 bulan sejak 15 Mei hingga 13 Juni 2022 itu, bersama Firdaus juga ikut dosen lainnya, Rifka Zuwanda dan Ari Limay Trisno Putra.

Baca juga: Ketua PKB Sumbar Ungkapkan Terima Kasih Gus Muhaimin, Orang Minang Tak Terbeli

Kemudian, juga dilibatkan dua orang mahasiswa, Alda Andini dan Seltius Saogo.

"Dari kegiatan ini, terlihat bahwa pentingnya pelestarian hutan mangrove terhadap kelansungan hidup biota laut dan masyarakat sekitar. Dari hasil penanaman, akan dirasakan manfaat besar nantinya hingga puluhan tahun kedepan. Bagi masyarakat sekitar, penting untuk kelangsungan hidup biota laut," ungkap Firdaus.

Dikatakan, penanaman mangrove ini dilakukan disesuaikan dengan jarak yang sudah ditentukan, pada titik yang sudah ditandai. Jarak tanam antara satu bibit pohon dengan bibit lainnya, berkisar 1 meter.

"Kegiatan penanaman hutan mangrove, merupakan kegiatan yang perlu dilakukan setiap saat, dengan demikian hutan mangrove akan selalu tumbuh dan berkembang," terang Firdaus.

Baca juga: Pemilu 2024, Perolehan Suara Firdaus Naik 361 Persen, Ini Partai Peraih Kursi Dapil Sumbar II

"Pelestarian hutan magrove ini, bermanfaat untuk kelangsungan hidup biota laut, mencegah abrasi pantai dan sumber mencari makan bagi hewan-hewan kecil dan juga bermanfaat bagi masyarakat nelayan," tambahnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: