KPU Sumbar Nilai Masyarakat Makin Rasional Gunakan Hak Pilih

Selasa, 28 Juni 2022, 11:07 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
KPU Sumbar Nilai Masyarakat Makin Rasional Gunakan Hak Pilih
Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani dan anggota, Izwaryani, Gebril Daulay dan Yuzalmon serta Firman (sekretaris KPU) dan jajaran, pada temu media yang digelar di salah satu cafe di Padang, Selasa pagi. (mangindo kayo)

PADANG (28/6/2022) - Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Sumatera Barat, Izwaryani mengapresiasi rasionalitas masyarakat yang semakin baik, dalam menggunakan hak pilihnya dalam ajang pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Di setiap kali ajang pemilihan, kita acap kali membaca berita di media, calon yang main politik uang di daerah tertentu, ternyata tak berbanding lurus dengan suara yang diperoleh. Ini menandakan politik uang tak relevan lagi, masyarakat makin melek politik," ungkap Izwaryani di Padang, Selasa pagi.

Pernyataan ini disampaikan Izwaryani saat temu media KPU Sumbar dengan wartawan media cetak, elektronik dan siber di Sumatera Barat.

Hadir di temu media ini, Ketua KPU Sumatera Barat, Yanuk Sri Mulyani dan anggota, Gebril Daulay dan Yuzalmon. Juga hadir Sekretaris KPU Sumbar, Firman beserta sejumlah staf.

Baca juga: Pilkada Bermartabat, Berarti untuk Negeri jadi Tagline Pemilihan Serentak 2024 Tingkat Sumatera Barat

Di kesempatan itu, Izwaryani berharap, media massa berperan meluruskan kembali persepsi masyarakat terhadap KPU.

Dimana, opini masyarakat terhadap penyelenggara Pemilu masih negatif, dekat dengan perilaku curang.

Kalau ditelisik lebih dalam, terangnya, peluang penyelenggara Pemilu untuk berbuat curang nyaris tak ada.

Karena, di tingkat TPS, ada saksi partai dan pengawas lapangan dari Bawaslu yang mengawasi langsung proses pemungutan dan penghitungan suara.

Baca juga: RAKER EVALUASI PEMILU, Medo Patria: Ini Penting untuk Pelaksanaan Pilkada

Hal serupa juga terjadi dalam proses rekapitulasi hasil perolehan suara secara berjenjang, mulai dari kecamatan hingga pusat.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: