Yuk Meriahkan Hari Bhayangkara Polri ke-76 dengan Twibbon di Artikel ini

Kamis, 30 Juni 2022, 18:20 WIB | News | Nasional
Yuk Meriahkan Hari Bhayangkara Polri ke-76 dengan Twibbon di Artikel ini
Link Download Twibbon HUT Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 (Twibbonize.com)

PADANG (30/6/2022) - Setiap tanggal 1 Juli, keluarga besar Polisi Republik Indonesia (Polri) merayakan hari kelahirannya yang dikenal dengan nama Hari Bhayangkara. Pada tahun 2022 ini, merupakan perayaan yang ke-76.

Tema peringatan Hari Bhayangkara Polri ke-76 kali ini adalah 'Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tanggu, Indonesia Tumbuh.'

Dilansir dari twibbonize.com, berikut ini 15 link Twibbon untuk memeriahkan Hari Bhayangkara Polri ke 76:

Cara pasang twibbon ini sebagai berikut:

  • 1. Pilih salah salu link Twibbon dengan bingkai yang Anda sukai.
  • 2. Kemudian klik pilih foto yang tersedia dibawah bingkai Twibbon.
  • 3. Geser foto yang telah Anda pilih sesuai dengan posisi yang menurut Anda tepat.
  • 4. Setelah itu klik 'selanjutnya'.
  • 5. Foto akan dikompres, setelah itu klik 'Unduh'.
  • 6. Foto anda dengan bingkai Hari Bhayangkara Polri ke 76 siap untuk dijadikan status di Media Sosial.

Dikutip dari laman polri.go.id, tema HUT bhayangkara 2022 yang ke-76 ini adalah "Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh-Indonesia tumbuh". Dari tema yang diambil ini tertanam harapan untuk nantinya polri dapat mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi. Apalagi setelah pandemi covid-19 seperti saat yang sangatlah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Sejarah HUT Bhayangkara

Dikutip dari laman polri.go.id, inilah sejarah Bhayangkara dari sebelum kemerdekaan hingga saat ini:

Sebelum Kemerdekaan

Pada jaman kerajaan Majapahit, Patih Gajah Mada membuat pasukan pengaman dengan Bhayangkara untuk melindungi raja dan kerajaan. Hingga pada masa kolonial Belanda, pembentukan pasukan keamanan di awali dengen dibentuknnya pasukan-pasukan jaga yang diambil dari orang pribumi untuk melindungi aset dan kekayaan Eropa di Hindia Belanda. Pada tahun 1867 sejumlah warga Eropa di Semarang, merekrut 78 orang pribumi untuk menjaga keamanan mereka.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda terdapat bermacam-macam bentuk kepolisian, seperti veld politie (polisi lapangan), stands politie (polisi kota), cultur politie (polisi pertanian), bestuurs politie (polisi pamong praja).

Pada masa ini juga ada pembatasan jabatan antara kepolisian Belanda dan Pribumi. Untuk pribumi selama menjadi agen polisi diciptakan jabatan seperti mantri polisi, asisten wedana, dan wedana polisi. Kepolisian modern Hindia Belanda yang dibentuk antara tahun 1897-1920 adalah merupakan cikal bakal dari terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia saat ini.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: