Irjen Teddy Minahasa Hibahkan Benda Pusaka Berusia 500 Tahun Usai Pengukuhan Gala Kehormatan

Jumat, 01 Juli 2022, 20:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Irjen Teddy Minahasa Hibahkan Benda Pusaka Berusia 500 Tahun Usai Pengukuhan Gala...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi, mrmberikan sambutan pada pengukuhan gala (gelar) kehormatan Tuanku Bandaro Alam Sati pada Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dan gala kehormatan Puti Sibadayu Alam, pada Merthy Kushandayani Teddy, di Istano Basa Paga

TANAH DATAR (1/7/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, momentum pengukuhan gala kehormatan adat atau sangsako ini, harus dimaknai sebagai wujud dari penghargaan yang harus diberikan kepada seseorang yang dinilai berperan penting dan berjasa untuk Sumatera Barat.

Hal itu dikatakan Mayeldi saat menghadiri pengukuhan gala (gelar) kehormatan Tuanku Bandaro Alam Sati pada Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dan gala kehormatan Puti Sibadayu Alam, pada Merthy Kushandayani Teddy, di Istano Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar, Jumat.

"Selamat kepada Bapak Kapolda dan Ibu. Semoga mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," harap Mahyeldi.

Pengukuhan gala kehormatan adat ini, menurut Manyeldi, juga menjadi suatu keberkahan tersendiri bagi Sumbar karena bertepatan dengan Hari Bhayangkara.

Baca juga: Kapolda Sumbar: Karir Dimulai dari Rumah

Kemudian, juga ikut dihadiri sedikitnya 3.000 pecinta motor yang tergabung dalam Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) yang diketuai Kapolda Sumbar.

"Seseorang ketika sudah dikukuhkan untuk sebuah gelar adat, ditempatkan pada posisi yang terhormat dan mempunyai tanggungjawab yang cukup besar terhadap Minangkabau yang kita cintai ini."

"Sebagai pemimpin, seorang yang bergelar adat juga wajib hukumnya mengetahui serta memahami nilai-nilai adat," tambahnya.

Beberapa sikap pemimpin yang harus dijaga, sambung gubernur, adalah dilarang berkata yang tidak baik, harus senantiasa benar dalam bersikap dan berucap, dilarang marah hingga lepas kontrol, serta konsekuen dan konsisten.

Baca juga: Subuh Mubarakah Pemprov Sumbar, Irjen Suharyono: Pengabdian itu Ibadah

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga mengajak segenap pemangku kepentingan di Kabupaten Tanah Datar, termasuk LKAAM Sumbar dan niniak mamak untuk mendukung pembangunan di Tanah Datar, khususnya pelebaran jalan, sehingga Tanah Datar bisa dikunjungi oleh wisatawan yang datang menggunakan bis berukuran besar.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH