80 Penyanyi Ikuti Festival Penyanyi Minang di Lubuk Basung

Al Imran | Sabtu, 02-07-2022 | 23:34 WIB | 301 klik | Kab. Agam
<p>80 Penyanyi Ikuti Festival Penyanyi Minang di Lubuk Basung<p>

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria yang mewakili bupati Agam membuka Festival Penyanyi Minang se-Sumatera Barat, di Lapangan Tenis Indoor Lubuk Basung, Sabtu. (humas)

AGAM (2/7/2022) - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Agam, menggelar Festival Penyanyi Minang se-Sumatera Barat, di Lapangan Tenis Indoor Lubuk Basung, Sabtu.

Festival yang digelar Lembaga Analisa Pendistribusian Aspirasi Umum Seniman Lubuk Basung (Lapau Seni Lunas) ini, merupakan aspirasi para seniman di Lubuk Basung.

"Banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan aspirasi. Festival ini adalah salah satunya. Untuk itu, kami mengapresiasi Lapau Seni yang telah menginisiasi kegiatan ini," ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria yang mewakili bupati Agam.


Dia berharap, ajang asah bakat yang serupa bisa terus diselenggarakan di Lubuk Basung khususnya, Kabupaten Agam pada umumnya. Menurutnya, banyak aktivitas kesenian yang bisa digagas di Kabupaten Agam.

"Kita memiliki fasilitas umum seperti kompleks GOR Rang Agam yang saat ini hanya dimanfaatkan untuk olahraga dan perekonomian, semoga setelah agenda ini kita bisa memanfaatkan ruang terbuka tersebut untuk aktivitas seni," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Penyanyi Minang se-Sumatera Barat, Satry Suhendri menyebut, ajang tarik suara ini digelar dalam rangka peringatan 29 tahun perpindahan ibukota Agam ke Lubuk Basung.

"Kemudian festival ini juga dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76," sebutnya.

Disebutkan, 80 peserta ambil bagian pada ajang ini. Peserta berasal dari berbagai daerah di antaranya Solok, Padang, Pariaman, Bukittinggi, Agam dan lainnya.

"Untuk menilai penampilan peserta, kami menghadirkan juri expert seperti Sexry Budiman, Ridwan Idma dan Denitral. Mereka merupakan praktisi musik, pencipta lagu dan juga arranger," ujarnya.

Diharapkan Satry, aktivitas kesenian ini akan memberikan kesan yang baik, bahwa Lubuk Basung ataupun Kabupaten Agam, memang layak untuk dikunjungi. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar