Mayeldi Ajak Tim Badan Pengelola Geopark Silokek Gencarkan Promosi

Minggu, 03 Juli 2022, 20:12 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mayeldi Ajak Tim Badan Pengelola Geopark Silokek Gencarkan Promosi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yusri beserta tim Badan Pengelola Geopark Silokek, di istana kompleks gubernuran Sumbar, Sabtu malam. (humas)

PADANG (2/7/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, lokasi Geopark Ranah Minang (GRM) Silokek menyarankan digelar iven School Stay Geopark tingkat SMA dalam rangka mendukung jadi Unesco Global Geopark.

Mahyeldi juga mendorong Pemkab Sijunjung, untuk melakukan persiapan pendukung lainnya seperti mengumpulkan seluruh dokumen sejarah terkait Minangkabau, PDRI dan sejarah Kereta Api di Sijunjung.

"Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten mengoptimalkan pemberitaan dan promosi sampai hal terkecil sekalipun terkait, dengan promosi GRM Silokek," ungkap Mahyeldi di Padang, Sabtu malam.

Pernyataan itu disampaikan Mahyeldi saat menerima audiensi Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir didampingi bersama Sekda Sijunjung yang juga Ketua Badan Pengelola Geopar Silokek, Zefnihan serta sejumlah pejabat terkait lainnya di istana kompleks gubernuran Sumbar.

Dalam audiensi tersebut, Benny menyampaikan pada gubernur perkembangan terkini serta komitmennya untuk menjadikan Silokek sebagai Unesco Global Geopark (UGG), dengan menjaga warisan yang saat ini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya nasional yaitu Perkampungan Adat Matrilineal Padang Ranah dan Geopark Silokek itu sendiri.

Yang terbaru, menurut Benny, seluruh dosier dan dokumen pengusulan Aspiring UGG yang sebelumnya telah mendapat rekomendasi gubernur Sumbar, sudah diselesaikan dan sudah dikirim ke Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI).

"Saat ini dokumen sedang diverifikasi KNGI," ujar Benny.

Sebelumnya, Benny bersama tim tak pernah lelah membuktikan keseriusannya jadikan Geopark Silokek sebagai UGG. Benny bersama tim dari Badan Pengelola Geopark Silokek, terus gerak cepat melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan mimpi besar tersebut.

Terakhir, Benny bersama tim dan pejabat terkait melakukan audiensi dengan Delegasi Tetap RI di Unesco, Perancis. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: