Tabligh Akbar di Islamic Center Padang Panjang, UAS Bicara Peruntukan Daging Kurban

Al Imran | Senin, 04-07-2022 | 22:46 WIB | 180 klik | Kota Padang Panjang
<p>Tabligh Akbar di Islamic Center Padang Panjang, UAS Bicara Peruntukan Daging Kurban<p>

Ribuan jemaah memadati Masjid Islamic Center untuk mendengarkan Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (4/7/2022) - Warga Padang Panjang dan berbagai daerah di Sumatera Barat, berduyun-duyun menghadiri Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad di Masjid Islamic Center, Senin.

Warga tampak antusias mengikuti ceramah UAS dalam rangka menyambut Idul Adha 1443 H. Bahkan beberapa jam sebelum tablig akbar berlangsung, Masjid Islamic Center telah mulai dipadati jamaah. Mereka berasal dari kalangan umum serta santri dari sejumlah pondok pesantren.

Dalam pengggalan ceramah bertemakan Idul Adha, UAS mengajak jemaah memperbanyak ibadah sunnah pada 1-8 Zulhijah dengan melakukan puasa, shalat sunat, membaca Al Quran dan shalawat.


Pada 9 Zulhijah, melakukan Puasa Arafah dan puasa 10 Zulhijah sebelum menyembelih hewan kurban.

"Puasa 9 Zulhijah mengampunkan dosa yang lalu dan yang akan datang. Pada 10 Zulhijah puasa dilakukan sesudah Shalat Subuh, tidak makan sampai menyembelih kurban," katanya.

Layaknya daging kurban itu, urai UAS, sepertiga untuk orang di rumah, sepertiga untuk tetangga dan sepertiga lagi untuk fakir miskin.

"Tidak beriman seseorang sampai dia menyayangi tetangganya, seperti dia menyayangi dirinya sendiri," jelas UAS.

Di samping itu, UAS juga mendukung Kota Padang Panjang sebagai kota pendidikan. Lantaran pendidikan merupakan investasi yang besar, tidak putus hingga akhir zaman.

Sebelumnya, Wako Padang, Panjang Fadly Amran menyampaikan rasa syukur atas kehadiran UAS di kota yang dipimpinnya itu. Fadly menyebut, dirinya masih mengingat pesan UAS, agar menyekolahkan anak-anak ke pesantren.

Pesan itu, sebut Fadly, jadi inspirasi bagi Pemko. "Kota Padang Panjang merupakan kota santri. Pemko menaruh perhatian besar terhadap pendidikan agama."

"Saat, ini MAPK (Madrasah Aliyah Program Khusus) telah berdiri di dekat Masjid Islamic Center. Sekitar 20-30 lulusannya setiap tahunnya, menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo," ungkap Fadly.

Pada momentum Idul Adha, Fadly mengajak ummat, memperkuat ketaqwaan kepada Allah SWT dan hubungan baik sesama kita.

Dari Berbagai Daerah

Pada Tablig Akbar UAS di Masjid Islamic Center ini, jemaah membeludak hingga ke selasar masjid.

Ermawati (65) dari Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar misalnya, mengaku antusias untuk hadir mendengarkan ceramah UAS ini.

"Alhamdulillah, ustadz kembali lagi ceramah di Padang Panjang. Ibu merasa senang dan bahagia. Karena UAS ceramahnya tidak membosankan. Beliau lucu, isi ceramahnya mendidik dan bermanfaat bagi kehidupan," nilai Ermawati yang rela datang dari jauh demi UAS.

Sementara itu, Nera Wilda dari Kenagarian Gunuang, Kota Padang Panjang menyampaikan, ceramah UAS ini asyik, menyenangkan dan merasuk hingga jauh ke relung kalbu.

"Saya pribadi memang mengidolakan UAS. Begitu mendengar UAS datang ke sini, saya semangat sekali. Idola saya datang untuk ceramah. Kalau bisa, UAS tiap tahun bisa hadir di Padang Panjang," sebutnya.

Selain Fadlu Amran, tampak hadir Wakil Wali Kota, Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, Forkopimda dan pimpinan OPD lainnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar