BPDASHL Agam Kuantan Serahkan 20.000 Bibit Jambu Madu untuk KWT di Bukittinggi

Selasa, 05 Juli 2022, 16:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
BPDASHL Agam Kuantan Serahkan 20.000 Bibit Jambu Madu untuk KWT di Bukittinggi
Wako Bukittinggi, Erman Safar secara simbolis menerima bantuan bibit dari Kepala BPDASHL Agam Kuantan, Murfida di lahan Kelompok Tani Ranjau Sakato, Bukit Apit Puhun, Selasa. (hamriadi)

BUKITTINGGI (5/7/2022) - Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, serahkan 20.000 bibit buah-buahan melalui kelurahan dan Kelompok Wanita Tani (KWT). Penyerahan secara simbolis dilakukan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

"Bukittinggi ini merupakan perkotaan yang lambat laun akan kehilangan lahan untuk pertanian. Namun, Pemko akan terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bidang pertanian," ungkap Erman Safar saat memberikan sambutan pada penyerahan bantuan bibit di lahan Kelompok Tani Ranjau Sakato, Bukit Apit Puhun, Selasa.

Menurut Erman Safar, Bukittinggi harus punya satu ragam buah terkenal, sehingga dapat menjadi khas daerah. "Kita akan coba tingkatkan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan cocok tanam buah buahan. Satu pekarangan satu pohon jambu," terangnya.

"Nanti, melalui KWT dapat disosialisasikan kepada masyarakat, untuk memberi ilmu tentang cara menanam jambu yang baik dan benar," tambah Erman Safar.

Baca juga: Besok, 17 Kabupaten Kota di Sumbar Harus Tetapkan Hasil Pemilu 2024

Tahun depan, ungkap dia, Pemko akan mengupayakan lagi bantuan untuk menjadikan satu daerah di Pintu Kabun, menjadi kebun wisata durian petik sendiri. "Kami minta 2.000 batang durian. Sehingga pengunjung Bukittinggi memiliki pengalaman berbeda saat berwisata nantinya," ujar dia.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Melwizardi menjelaskan, terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan. Serah terima bantuan bibit buah-buahan dari BPDASHL Agam Kuantan secara simbolis kepada Pemerintah Kota Bukittinggi dan selanjutnya diserahkan kepada masyarakat melalui Camat dan Lurah.

Kemudian, penyerahan bantuan uang dari DAK Non Fisik untuk kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). lalu, pemberian Penghargaan kepada Penyuluh dan Kelompok Tani berprestasi tingkat Kota Bukittinggi.

"Ini merupakan salah satu hasil kebijakan wali kota untuk pengadaan bibit bagi masyarakat. Ini baru pembuka dan akan ada lagi bantuan yang akan diserahkan," terang Melwizardi.

Baca juga: Erman Safar Bagikan PKH dan Program Sembako Triwulan II, Terbesar Dapat Rp2,8 Juta

"Hari ini, akan diberikan bantuan secara simbolis, untuk dimanfaatkan sesuai dengan proposal yang diserahkan, didukung oleh Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL)," jelasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: