Prodi FEB dan FIB Unand Peroleh Akreditasi Internasional, Siap Lahirkan Lulusan Berdaya Saing Global

Selasa, 05 Juli 2022, 16:53 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Prodi FEB dan FIB Unand Peroleh Akreditasi Internasional, Siap Lahirkan Lulusan Berdaya...
Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri.

PADANG (5/7/2022) - Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berkedudukan di Jerman akui tujuh program studi (Prodi) dari dua fakultas di Universitas Andalas.

Prodi yang terakreditas FIBAA ini yakni tiga prodi S1 (Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi) dan dua Prodi S2 (Manajemen, dan Akuntansi) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kemudian, dua Prodi S1 (Sastra Indonesia dan Sastra Jepang) pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

"Ketujuh Prodi tersebut terakreditasi oleh FIBAA terhitung dari 29 Juni 2022 hingga 28 Juni 2027," ungkap Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Andalas Prof apt Henny Lucida, dikutip dari siaran pers Unand, Ahad.

Dikatakan Prof Henny, proses akreditasi FIBAA ini telah berlangsung sejak Desember 2020. FIBAA merupakan salah satu lembaga akreditasi internasional dibawah European Quality Assurance Register (EQAR) untuk pendidikan tinggi yang diakui Dikti berdasarkan Kepmendikbud No 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

Baca juga: Tim FEB Unand Paparkan Hasil Kajian tentang Nilai Tukar Petani Agam

Ditambahkan Dedison Gasni PhD, kontak person akreditasi internasional yang juga Ketua Bagian SPME di LPM Universitas Andalas, FIBAA memiliki 54 butir mutu yang dibagi kedalam 5 kriteria: 1) objective (tujuan pendidikan); 2) admision (penerimaan mahasiswa baru); 3) content, structure and didactical concept of the programme (kurikulum dan proses pembelajaran).

Kemudian, 4) academic environtment and framework conditions (lingkungan academik termasuk sumberdaya manusia, keuangan dan sarana prasarana); dan 5) quality assurance and documentation (penjaminan mutu dan dokumentasi).

Daya Saing Global

Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri menyatakan, dengan berhasilnya tujuh Prodi yang terakrediatasi FIBBA, maka Universitas Andalas sudah memiliki 12 Prodi terakreditasi internasional, termasuk tiga Prodi oleh ABET dan dua Prodi oleh IABEE pada Fakultas Teknik.

Baca juga: FIB Unand Gelar Konferensi Internasional, Hadirkan Pembicara dari Belanda, Filipina, Malaysia dan Inggris

Dalam tahun 2022 ini, Prodi S1 Kimia Fakultas MIPA juga akan divisitasi dalam rangka akreditasi internasional oleh The Royal Society of Chemistry.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: