Raup 15 Medali, Kontingan Sumbar Duduki Peringkat II PeSONas

Al Imran | Selasa, 05-07-2022 | 19:30 WIB | 350 klik | Kab. Mentawai
<p>Raup 15 Medali, Kontingan Sumbar Duduki Peringkat II PeSONas<p>

Ketua TP-PKK Sumbar, Harneli Bahar mengalungkan medali pada atlet Sumatera Barat yang berhasil meraih medali di ajang Special Olympics Nasional (PeSONas) 2022 di Samarinda, Selasa. (humas)

SEMARANG (5/7/2022) -- Hari kedua pelaksanaan Pekan Special Olympics Nasional (PeSONas) 2022, kontingen Sumatera Barat telah meraup 15 medali dengan rincian, 7 medali emas, 6 medali Perak dan 2 medali perunggu.

"Dengan perolehan medali ini, Sumatera Barat meraih posisi kedua setelah Jawa Tengah," ungkap Ketua TP-PKK Sumbar, Harnely Bahar yang menyaksikan langsung iven ini di sejumlah veneu, Selasa.

Saat itu, ada beberapa lokasi cabang olahraga dimana peserta dari Sumatera Barat sedang bertanding di antaranya altletik, bulu tangkis, renang, senam ritmik, tenis meja dan bocce.


"Melihat semangat atlet kita di lapangan, Ummi tidak ingin melewatkan pertandingan ini dan ikut menyaksikan langsung sekaligus menyemangati," ungkapnya.

Meski Sumbar hanya mengikuti 8 dari 14 cabor yang diperlombakan, Harneli tetap optimistis, akan jadi bintang dari PeSONas kali ini. "Keberanian mereka untuk mencoba, sudah merupakan juara yang sesungguhnya bagi kami," kata Harneli.

Harneli tampak didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Dedy Diantolani serta Sekretaris Dispora, Alfendri. Kehadiran mereka, tampak memberi semangat tersendiri pada atlet yang sedang berlomba.

Dengan semangat dan sportifitas para atletpun menunjukan kesungguhan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Tujuh medali emas itu diraih Azizah Rahmi, dari cabor Lari 25 M, Elma Marenti Wahda, Lari 400 M, Neldi, Lari 400 M. Kemudian Luthfia Mardhatillah, senam ritmik (rope), Suci Wulandari, lari 50 M, Winda Andreani, lari 100 M pi, dan Ferziola indrali, tari daerah.

Untuk medali perak, diraih Ramadhani Putra, lari 25 M, Tommy Atrilaminov, renang 25M Pa, dan Athikah Maharani, renang 25 M Pi. Lalu ada Rey Febrian, renang 50 M Pa, Balfrian Diope, Lari 100M pa, serta Dina Febiola, dari cabang Bocce Pi.

Sedangkan medali perunggu datang dari cabang lari 50 M oleh Muhammad Fatan dan cabang Bocce tunggal Pa, diraih Al Huda Sidiq.

Sementara, Dedy Diantolani berharap, medali berikutnya untuk kontingen PeSONas Sumbar bisa didapat dari cabor lainnya.

"Alhamdulillah, kontingen PeSONas Sumbar berhasil meraih 7 emas, 6 perak dan 2 perunggu. Medali yang kita peroleh sebagian besar di cabang olahraga atletik," ungkapnya.

Mudah-mudahan, untuk cabang lain juga akan menyumbangkan medali untuk Sumatera Barat. "Kita berharap, atlit Soina dari Sumbar dalam keadaan sehat dan fit selalu," harap Dedy.

Diketahui, PeSONas 2022 ioni dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Holy Stadium, Kompleks Grand Marina Semarang, Jawa Tengah.

Pekan olahraga yang dulunya bernama Pekan Paralimpik, ini diikuti oleh 1.724 atlet penyandang disabilitas dari 21 provinsi, dan akan bertanding pada 12 cabang olahraga hingga Kamis (7/7/2022).

Di ajang ini, Sumatera Barat mengirimkan atlet sebanyak 63 orang, 23 pelatih dan pendamping serta 34 offisial.

Ke-12 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pesonas 2022 terdiri renang, bulu tangkis, bola tangan, bola basket, senam ritmik, tenis meja, sepak bola, futsal, boccee, bola voli, atletik dan tari olahraga.

Adapula, kegiatan nonkompetisi seperti healthy atlet, congress family, neuroscience dan seni budaya.

PeSONas merupakan ajang yang diselenggarakan bagi anak-anak bertalenta khusus. Mereka yang ikut serta dalam PeSONas merupakan penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar