Endorse di Sosmed Kepala Daerah Efektif Naikan Volume Usaha UMKM, Ini Kata Bang Sandi

Al Imran | Rabu, 06-07-2022 | 15:11 WIB | 172 klik | Kota Bukittinggi
<p>Endorse di Sosmed Kepala Daerah Efektif Naikan Volume Usaha UMKM, Ini Kata Bang Sandi<p>

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menunjukan kebolehannya dalam memasak Anyang, salah satu kuliner lalapan khas Bukittinggi pada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada kegiatan Workshop Kata Kreatif di Bukittinggi, Selasa. (hamriadi)

"Alhamdulillah, Workshop Kata Kreatif yang difasiltiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, akan mampu memperluas pasar seluruh produk yang dibuat di Bukittinggi. Sejak dilonggarkannya protokol kesehatan Covid19 oleh Presiden Jokowi, pertumbuhan pariwisata sudah mulai membaik," ungkap Erman Safar.

Hal itu dikatakan Erman Safar saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreati, Sandiaga Uno yang membuka kegiatan Workshop Kata Kreatif di Balairung Rumah Dinas Walikota Bukittinggi, Selasa malam. Workshop ini diikuti 46 perserta.

Dikatakan Erman Safar, sejak libur lebaran Idul Fitri 1443 H lalu hingga sekarang, kunjungan wisata tidak henti-hentinya ke kota tujuan wisata utama di Sumatera Barat ini. "Sehingga, kabupaten/kota lainnya di Sumbar, juga merasakan dampak kunjungan wisata ke Bukittinggi ini," ujar Erman.


Di sela kegiatan, salah seorang peserta, Ali menantang Erman dan Bang Sandi membuat "Samba Buruak" atau "Anyang." Keduanya diminta mengulek bumbu-bumbunya dengan memakai batu lado (cobekan) yang telah disiapkan panitia.

Kemahiran dan kepiawaian Erman dalam membuat Anyang, membuat Sandiaga kagum. Erman tampak sigap memasak masakan khas urang awak ini. Sandiaga pun tak lupa untuk mencicipinya.

Endorse Digital

Sandiaga mengapresiasi setiap pelaku usaha lokal, gar berani tampil dan mengembangkan potensi produk-produk lokal di program Kabupaten Kota Kreatif (Kata Kreatif Indonesia)

Sandi mengatakan, dari data dimiliki kementrian dalam hal kreatifitas, salah satunya dengan memberikan fasilitas pelatihan marketing dan mencoba foto box.

"Kementrian sudah menganalisa produk-produk UMKM yang sudah diendorse secara digital oleh kepala daerah, mengalami peningkatan penjualan sekitar 35 persen sampai 45 persen," pungkasnya.

Sandiaga menambahkan, kementrian akan bekerjasama dengan pemerintah kota dan kabupaten akan mengawalnya. Tim akan bekerja full time dari Direktorat Insfratruktur Ekonomi Kreatif.

"Semakin banyaknya kunjungan-kunjungan, produk kreatif ini semakin meningkat," harap Sandi.

Pada tahun 2022 ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif fokus menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru dan berkualitas.

Pada tahun 2024, sebanyak 4,4 juta lapangan pekerjaan baru. Namun, proses konstelasi akan terus bergulir secara dinamis dan politik.

Ditempat yang sama, Nety peraih juara 3 di Kata Kreatif berharap, produknya lebih dibranding lagi sehinga lebih terkenal publik. apalagi, produknya dari pengolahan hasil Danau Maninjau yang melengda.

"Hasil danau ini berupa, Dendeng Rinuak, Randang Rinuak, Krispi Rinuak dan lainnya," ucap Nety yang merupakan asal Maninjau, Kabupaten Agam.

Nety menambahkan, produk olahannya ini merupakan imbas peralihan pengurangan dari peternakan keramba apung di Danau Maninjau. Dia kemudian beralih ke bisnis kuliner dalam mendorong pertumbuhan pariwisata. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar