In Memoriam Sahnan Sahuri Siregar, Sosok Pejuang Hukum yang Gigih dan Penuh Keyakinan

Rabu, 06 Juli 2022, 23:18 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
In Memoriam Sahnan Sahuri Siregar, Sosok Pejuang Hukum yang Gigih dan Penuh Keyakinan
Akademisi FIB Unand, Hary Efendi Iskandar (tengah) bersama Sahnan Sahuri Siregar (dua dari kanan) dalam sebuah diskusi dengan sahabat di kantor RBH Padang, di Jl Bandar Purus.

PADANG (6/7/2022) - Pendiri Rumah Bantuan Hukum (RBH) Padang, Sahnan Sahuri Siregar berpulang ke rahmatullah, Rabu dinihari. Sahnan yang juga pengurus LBH PWNU Sumatera Barat ini meninggal setelah mendapat perawatan di RS Dharmais, Jakarta sekitar pukul 01.10 WIB.

Ucapan duka, mengalir dari berbagai sahabat, kerabat dan handai tolan. Mereka meluapkan rasa duka atas kepergian pejuang hukum dan HAM ini, melalui status di berbagai platform sosial media.

"Innalillahiwaiinailahirajiun. Si pejuang orang kecil ini telah pergi. Dia yang tidak pernah berhitung mengorbankan tenaga, pikiran dan uangnya sendiri untuk membela orang-orang kecil di kampung-kampung untuk mendapatkan keadilan," ungkap akademisi Fakultas Hukum Unand, Dr Khairul Fahmi.

Di mata Khairul Fahmi, Sahnan Sahuri merupakan teman dalam dunia advokasi yang tiada duanya. "Saya sangat bersyukur dipertemukan dengannya dan belajar banyak dengannya tentang kepedulian pada orang-orang kecil," terang Fahmi.

Baca juga: Perpusnas Tetapkan 24 Penulis Buku Terbaik 2023, Dosen FH Unand Terbaik Kategori Subjek Pemilu

Fahmi di beranda sosial medianya menulis kenangan, saat menderita sakit secara bergantian dengan Sahnan yang karib disapa tulang (paman-red). "Karena beratnya beban yang mesti dipikul, tapi abang selalu tersenyum dan tegar," tulis Fahmi tanpa merinci peristiwanya lebih detail.

Fahmi mengaku, sempat bertemu dengan Tulang Sahnan dengan kondisi tubuh yang membuat air mata jatuh ke dalam. "Kini, garis takdir menentukan Bang Sahnan Sahuri Siregar mesti menghadap sang Pencipta. Semoga segala kebaikan, kemanfaatan dan keikhalasan dalam membantu orang-orang lemah selama ini, berbalas tempat terbaik disisi Allah," harap Fahmi.

"Kami kehilangan bang, tapi cepat atau lambat kami pun juga akan menyusul pulang ke kampung yang sesungguhnya. Lahulalfatihah," tulis Fahmi di beranda sosial medianya.

Kenangan mendalam terhadap perjuangan Sahnan Sahuri Siregar dalam membela kaum terpinggirkan, juga dirasakan Dr (cand) Hary Effendi Iskandar.

Baca juga: DKPP Usulkan Khairul Fahmi dan Surya Efitrimen jadi TPD Unsur Masyarakat

"Almarhum, merupakan sahabat yang amat kukuh memperjuangkan kemerdekaan, kemandirian, nilai-nilai HAM, pembelaan terhadap kaum pinggiran dan lainnya," ungkap Hary.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: