Kemenhub Serahterimakan Hibah Bus Air dan Dermaga ke Pemkab Agam

Al Imran | Kamis, 07-07-2022 | 13:30 WIB | 122 klik | Kab. Agam
<p>Kemenhub Serahterimakan Hibah Bus Air dan Dermaga ke Pemkab Agam<p>

Bupati Agam, Andri Warman menandatangani hibah BMN berupa bus air dan dermaga di Kemenhub, Jakarta, Rabu. (humas)

JAKARTA (6/7/2022) - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) hibahkan dua unit bus air dan dua dermaga bagi Pemkab Agam. Hibah Barang Milik Negara (BMN) itu diterima Bupati Agam, Andri Warman di Jakarta, Rabu.

"Bus air dan dermaga ini, sebelumnya memang sudah ada di Danau Maninjau, namun belum dihibahkan atau belum menjadi aset Pemkab Agam," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Agam, Handria Asmi.

Saat penyerahan hibah BMN ini, Andri Warman didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah III Provinsi Sumbar, Ardono.


Dua unit kapal yang dihibahkan itu diberi nama Bus Air Bujang Sembilan dan Bus Air Riak Danau. Kemudian Dermaga Tanjung Sani Danau Maninjau dan Dermaga Sungai Batang.

Dengan telah dihibahkan ini, sambungnya, dua bus air dan dermaga ini telah bisa dimasukan ke daftar aset milik Pemkab Agam.

Kemudian, Pemkab Agam sudah bisa menganggarkan dana untuk pengoperasian dan perawatan aset tersebut.

Kedepan, bus air dan dermaga tersebut akan dimaksimalkan sebagai moda transportasi danau. Selain itu, aset tersebut sekaligus menjadi penunjang visi pemerintah daerah terkait pelestarian Danau Maninjau.

"Bus air ini, baik Bujang Sembilan maupun Riak Danau dapat dipergunakan untuk mendukung pesona wisata di Agam, khususnya Danau Maninjau," tutupnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar