Puskesmas Busur Lahirkan Inovasi Pojok Seiber, Digelar Setiap Jumat

Al Imran | Jumat, 08-07-2022 | 19:37 WIB | 211 klik | Kota Padang Panjang
<p>Puskesmas Busur Lahirkan Inovasi Pojok Seiber, Digelar Setiap Jumat<p>

Sejumlah warga yang datang berobat ke Puskesmas Busur, memilih sejumlah sayuran yang disediakan pada program inovasi pojok Sehat Itu Berkah (Seiber). (kominfo)

PADANG PANJANG (8/7/2022) - Puskesmas Bukit Surungan (Busur) melahirkan inovasi pojok Sehat Itu Berkah (Seiber). Proyek inovasi ini digelar setiap hari Jumat, bagi pasien yang berobat dan masyarakat yang melakukan konsultasi kesehatan.

Pojok Seiber adalah program Jumat Berkah dengan menyediakan sayur-sayuran dan buah-buahan segar, yang bisa diambil dan dibawa pulang oleh pasien maupun masyarakat yang datang ke Puskesmas Busur. Ini digelar setiap hari Jumat.

"Pojok Seiber ini juga ada karena asupan dari masyarakat, yang mana setiap hari Senin kita mengumpulkan pasien yang berobat, dengan meminta kritikan dan saran dari pasien terkait apa yang perlu kita sediakan dan juga dibutuhkan dari layanan di puskesmas ini," ungkap Kepala Puskesmas Busur, Yusri Yanti, Jumat.


"Dikesempatan itu, sekaligus kita mempromosikan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan memakan sayur dan buah untuk kesehatan," tambahnya.

Dikatakan, Pojok Seiber ini hanya memanfaatkan swadaya dari pegawai Puskesmas. Ia juga mengimbau masyarakat sekitar yang ingin menghibahkan sedikit hasil kebun atau yang memiliki sayuran di rumah, untuk mengantarkan ke Puskesmas dan diletakkan di Pojok Seiber.

Yanti berharap, Pojok Seiber ini menimbulkan minat masyarakat dalam konsultasi kesehatan. Karena, pihaknya menyediakan meja khusus hanya untuk konsultasi kesehatan, dengan melakukan screening kesehatan

"Kegiatan ini sudah berlangsung sekitar dua bulan. Alhamdulillah, mendapatkan respon positif dari masyarakat yang datang. Kita akan terus menerima masukan-masukan dari masyarakat terkait inovasi yang akan kita lahirkan lagi," tambahnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar