Jemaah Mushalla Al Hadhori Berkurban 7 Ekor Sapi

Al Imran | Sabtu, 09-07-2022 | 17:32 WIB | 284 klik | Kota Padang
<p>Jemaah Mushalla Al Hadhori Berkurban 7 Ekor Sapi<p>

Warga Komplek Manggis Garden Kelurahan Gunung Sarik Kuranji yang juga jamaah Musholla Al Hadhori saat menyembelih hewan kurban sapi. (ade budi kurniati)

PADANG (9/7/2022) - Jemaah Mushalla Al Hadhori pada tahun 1443 Hijriyah / 2022 Masehi ini, melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah pada Sabtu pagi.

Selain itu, jemaah mushalla yang berada di Komplek Manggis Garden Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji itu, juga melaksanakan penyembelihan tujuh ekor sapi bertempat di lapangan musholla usai pelaksanaan shalat sunat Idul Adha.

Ketua Pengurus Musholla Al Hadhori, Sudarman mengatakan, hewan qurban tersebut setelah disembelih dan dibungkus, kemudian akan di distribusikan kepada masyarakat.


"Daging qurban akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan warga yang berhak menerima," ujarnya.

"Warga tetap antusias untuk ber-kurban dan kerjasama dalam kekompakan selalu diutamakan dengan tetap ikuti protokol kesehatan," pungkasnya.

Panitia kurban juga memastikan, kesehatan hewan tersebut dengan adanya surat keterangan Kesehatan hewan (Keswan) dari Pemko Padang.

"Hewan kurban ini juga memiliki surat keterangan Keswan. Ini merupakan jaminan pada masyarakat yang bakal menikmati daging kurban tersebut."

"Termasuk juga lakukan pengecekan dengan kasat mata. Hewan yang kami beli dalam keadaan sehat," katanya.

Dikatakan, dengan maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pihaknya juga berhati-hati. Pasalnya daging kurban ini akan dinikmati warga sekitar dan jemaah mushalla.

Hewan kurban ini dibeli panitia langsung ke peternak yang ada di Kota Padang.

"Alhamdulillah jamaah Musholla Al Hadhori masih antusias dalam ikut berkurban," katanya.

Sementara, Ketua RT Komplek Manggis Garden, Darnel mengatakan, untuk proses penyembelihan dan pemotongan hingga pembagian daging, dilakukan secara swadaya masyarakat.

Dia menekankan, tak ada istilah diupahkan dalam proses kurban ini. Seratusan warga terlibat dalam proses ini.

"Alhamdulillah kami di Komplek Manggis Garden ini kompak. Apalagi pemudanya, yang aktif dalam proses pemotongan. Nanti para ibu-ibu juga terlibat dalam memasukkan dalam kantong untuk dibagikan," katanya.

Untuk sistem penyerahan atau pengambilan daging kurban, RT akan langsung mengakomodir warganya.

Sebelumnya, RT membagikan kupon yang juga telah distempel RT ke warga. Nanti saat pengambilan, RT akan melayani warganya masing-masing.

Ada juga RT yang mengantarkan ke masing-masing warga.

"Konsep ini kami lakukan agar warga tak berkerumum di kawasan musholla dalam pengambilan daging. Pola ini sudah disosialisasikan RT pada warga," katanya.

Jumlah sapi yang dikurbankan di Komplek Manggis Garden terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tahun ini berkurban sebanyak tujuh sapi dari 47 orang peserta kurban. Sedangkan tahun kemarin hanya lima sapi dan dua kambing. (ade)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar