260 Hewan Kurban Disembelih di 41 Lokasi di Padang Panjang, Cacing Hati Ditelisik

Al Imran | Minggu, 10-07-2022 | 23:02 WIB | 250 klik | Kota Padang Panjang
<p>260 Hewan Kurban Disembelih di 41 Lokasi di Padang Panjang, Cacing Hati Ditelisik<p>

Petugas Keswan dari Dispangtan Padang Panjang, melakukan pemeriksaan sampel hati pada hewan ternak yang dipotong warga Padang Panjang, Sabtu. (kominfo)

PADANG PANJANG (9/7/2022) - Sebanyak 41 lokasi tempat penyembelihan hewan kurban, sudah melakukan penyembelihan sebanyak 260 ekor sapi dan lima ekor kambing, sepanjang Sabtu di Padang Panjang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), drh Wahidin Beruh usai melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah titik.

"Untuk hari Sabtu ini, di 41 titik sekitar 260-an ekor sapi dan lima ekor kambing yang sudah disembelih, dari total 577 ekor yang kita data sebelumnya. Untuk hasil pemeriksaan, sampai sekarang masih kita proses," ujarnya.


Dijelaskan, pihaknya melakukan pengawasan dan pemeriksaan kepada hewan kurban yang akan disembelih.

Mulai dari merebahkan sapi hingga cara penyembelihan sapi tersebut. Juga melakukan pemeriksaan terutama di hati sapi apakah ada terdapat kasus cacing hati dan lainnya.

"Untuk panitia kurban sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi mengenai cara-cara penyembelihan hewan kurban ini."

"Walaupun kita sudah memberikan sosialisasi, namun kita juga tetap melakukan pengawasan di lokasi penyembelihan. Jika terdapat yang tidak sesuai kaidahnya, kita langsung memberikan arahan dan membantu panitia tersebut," tambahnya.

Ditambahkannya, tim dari Dispangtan, dibantu mahasiswa Jurusan Peternakan dari Universitas Andalas sebanyak empat orang untuk pemeriksaan tersebut.

Ia mengimbau seluruh panitia kurban yang akan melakukan penyembelihan pada hari Ahad ataupun di hari-hari tasyrik nanti, untuk mengikuti kaidah-kaidah yang sudah ada dalam penyembelihan. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar