Kiat Membeli Laptop, Urutan Keenam yang Paling Penting

Senin, 11 Juli 2022, 22:58 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Kiat Membeli Laptop, Urutan Keenam yang Paling Penting
Ilustrasi.

PADANG (11/7/2022) - Faktor fleksibel dan mudah dibawa, menjadikan komputer jinjing (laptop) merupakan pilihan utama yang harus dimiliki setiap pebisnis ataupun pelajar di era serba digital saat ini.

Selain itu, laptop atau notebook ini juga bisa dioperasikan kapan dan dimana pun. Karena banyaknya keuntungan yang dijanjikan, produsen laptop kemudian melahirkan produk dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Berikut, dirangkum dari berbagai sumber, beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli laptop baru.

1. Perhatikan spesifikasi laptop

Ini merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dipikirkan sebelum membeli laptop baru. Setidaknya, ada empat hal yang harus pertimbangkan, yakni tipe prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

Baca juga: Pemkab Pessel Belanja Peralatan TIK Sekolah Dasar Rp25,3 Miliar

2. Perhatikan konektivitas laptop

Saat ini, WiFi menjadi salah satu hal yang orang butuhkan. Karenanya, kamu disarankan mencari laptop dengan kelengkapan konektivitas. Selain dibekali dengan koneksi WiFi, setidaknya, pilihlah laptop yang punya tiga buah port USB. Serta tak kalah penting memiliki port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA.

3. Cek kapasitas baterai

Poin ketiga ini menjadi salah satu pertimbangan penting yang wajib diperhatikan saat membeli laptop baru. Rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai kira-kira 6 - 8 jam. Harus diakui, ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung pemakaian laptop, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai.

Karenanya, sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin kamu beli. Pastikan juga kamu mampu merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performanya tetap oke. Misalnya, tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0%, baru di-charge, atau menge-charge laptop dalam keadaan mati.

4. Desain laptop

Seiring majunya perkembangan teknologi, laptop pun memiliki berbagai inovasi, terutama dari segi desain. Jika dulu laptop banyak berukuran tebal, kini kamu bisa menemukan yang super tipis. Kalau dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

Baca juga: Tiga Pencuri Dibekuk Usai Gondol 9 Unit Laptop Sekolah

5. Ukuran laptop

Pertimbangkan ukuran laptop baru yang mau kamu beli. Ukuran layar yang kamu pilih, tentunya akan memengaruhi ukuran laptop. Sebaiknya, pilihlah laptop yang paling sesuai untuk kamu. Apabila kamu butuh portabilitas tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran kecil. Dengan itu, kamu bisa mobile, berpindah dengan mudah karena dimensinya kecil.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: