135 dari 164 Calon Bawaslu Sumbar Dinyatakan Lolos Seleksi Administrasi

Al Imran | Rabu, 13-07-2022 | 18:21 WIB | 421 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>135 dari 164 Calon Bawaslu Sumbar Dinyatakan Lolos Seleksi Administrasi<p>

Ketua Tim Seleksi Bawaslu Sumbar Tahun 2022, Hary Efendi Iskandar didampingi (ki-ka) Alim Harun Pamungkas dan Benny Kharisma Arrasuli serta staf Bawaslu Sumbar, memberikan keterangan pers tentang hasil seleksi administrasi calon Bawaslu Sumbar 2022-2027 di Padang, Rabu. (mangindo kayo)

PADANG (13/7/2022) - Sebanyak 135 dari 164 orang yang mendaftar sebagai calon komisioner Bawaslu Sumbar periode 2022-2027, dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Terdiri dari 116 orang laki-laki dan 48 orang perempuan. Mereka berasal dari beragam latar belakang profesi seperti ASN, karyawan, aktivis NGO, ibu rumah tangga dan sejumlah lembaga profesi lainnya.

Nama-nama yang lulus seleksi administrasi bisa unduh di sini.


Namun, mayoritas pendaftar itu, didominasi komisioner Bawaslu dan KPU yang tengah menjabat di tingkat kabupaten dan kota se-Sumatera Barat.

"Sebanyak 29 orang dinyatakan tak lulus secara administratif. Dimana, 15 orang karena faktor tak cukup usianya 35 tahun saat pendaftaran, tak lengkap administrasi (12 orang) dan mengundurkan diri (2 orang)," ungkap Ketua Tim Seleksi Bawaslu Sumbar Tahun 2022, Hary Efendi Iskandar pada wartawan di Padang, Rabu sore.

Dalam keterangan pers itu, Hary tampak didampingi dua orang Timsel lainnya, Benny Kharisma Arrasuli dan Alim Harun Pamungkas dan staf Bawaslu. Anggota tim seleksi Bawaslu Sumbar lainnya yakni Hengki Andora dan Wirdyaningsih.

Calon yang lolos seleksi ini, selanjutnya berhak mengikuti ujian tertulis pada 18 Juli 2022.

Lokasinya di UPT BKN (Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara) di Jl Adinegoro, Lubuak Buaya, Padang.

"Ujian tertulis ini terdiri dari ujian berbasis komputer (CAT) dengan multiple choice. Bobotnya 70 persen. Kemudian soal essay dengan bobot 30 persen," tambah Benny Kharisma Arrasuli.

Ujian CAT ini, akan dilaksanakan dalam tiga gelombang. Masing-masing gelombang akan diikuti sebanyak 45 orang peserta seleksi.

"Seperti apa pengelompokannya nanti, tim seleksi masih menunggu jadwal dari UPT BKN. Kita akan umumkan di website Bawaslu Sumbar nanti," ungkap Hary.

Selanjutnya, para calon itu akan mengikuti ujian psikologi. Lembaga pelaksana ujiannya adalah Polri di bagian Direktorat SDM Polda Sumbar. Pelaksanaan ujiannya pada tanggal 20 Juli 2022.

"Untuk ujian psikologi ini, pengumuman lokasinya menyusul. Kita masih menunggu informasinya dari Polda Sumbar," ungkap Hary.

"Lembaga pelaksana ujian tertulis (CAT) maupun psikologi ini, adalah lembaga yang ditunjuk Bawaslu RI. Tim seleksi di daerah hanya melaksanakan teknis ujian saja lagi," tambah Hary.

Untuk itu, Hary mengingatkan seluruh calon peserta, untuk selalu memperbaharui informasi melalui website Bawaslu Sumbar.

"Resiko tak update informasi cukup fatal. Terlambat ujian, maka peserta langsung dinyatakan gugur. Untuk itu, peserta diminta hadir 1,5 jam sebelum ujian digelar. Karena, registrasi sudah dibuka tim sekretariat," ungkap Hary sembari mengingatkan peserta untuk juga membawa KTP elektronik saat ujian tertulis ini. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar