Padang Panjang Gandeng Ruangguru Jalankan Program Smart Surau

Al Imran | Kamis, 14-07-2022 | 16:34 WIB | 103 klik | Kota Padang Panjang
<p>Padang Panjang Gandeng Ruangguru Jalankan Program Smart Surau<p>

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran bersama Key Account Manager West Indonesia Ruangguru, Ismail dan pimpinan OPD lainnya, foto bersama usai diskusi tentang program BKK, Kamis. (kominfo)

PADANG PANJANG (14/7/2022) - Program Smart Surau adalah upaya menjadikan surau sebagai sarana mencerdaskan sekaligus pembentukan karakter generasi Islam, dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informatika.

"Pemerintah kota bakal menggandeng perusahaan rintisan digital yang bergerak di bidang pendidikan yaitu Ruangguru, menjalankan program Smart Surau ini," ungkap Kepala Bagian Kesra Padang Panjang, Erwina Agreni, Kamis.

Dia mengatakan, pengembangan Smart Surau ini dimulai di Masjid Asasi di Kelurahan Sigando, Masjid Ilham (Koto Panjang), Masjid Ashliyah (Pasar Usang) dan Masjid Nurul Iman (Silaing Atas).


"Di setiap lokasi kegiatan Smart Surau, disediakan delapan unit tablet, memuat aplikasi pembelajaran dari Ruangguru untuk seluruh mata pelajaran. Pada setiap tablet terdapat materi pembelajaran," ujarnya.

Adapun materi pembelajaran dalam aplikasi ini yaitu materi kelas 1 sampai kelas 6 SD, materi tingkat SMP kelas 7 sampai kelas 9, materi tingkat SMA kelas 10 sampai kelas 12.

Lalu, materi belajar pengayaan Al Qur'an, kisah Islami dan berbagi materi lainnya.

"Kita berharap, dengan adanya program ini, anak-anak kita menjadikan surau selain sebagai tempat beribadah, juga sebagai tempat meningkatkan ilmu pengetahuan. Sebagaimana layaknya surau pada masa lalu," tuturnya.

Program BKK

Selain itu, Pemko Padang Panjang dan Ruangguru juga bakal memfasilitasi Program Beasiswa Bimbingan Kesiapan Kerja (BKK).

Program ini ditujukan pada mahasiswa tingkat akhir atau baru saja lulus serta para peserta pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) yang masih aktif maupun yang sudah tamat.

Key Account Manager West Indonesia Ruangguru, Ismail menyampaikan, program ini dilaksanakan selama tiga bulan. Merupakan satu-satunya di Sumatera Barat.

"Bersama Pemko Padang Panjang, kita akan menjadwalkan program pelatihan ini. Direncanakan tahun ini untuk 150 orang," katanya.

Dijelaskan Ismail, Program BKK menyediakan berbagai jenis pelatihan, meningkatkan kompetensi kerja, pengembangan diri dan soft skill bagi peserta.

"Para peserta mendapatkan dua kelas wajib yaitu kelas kesiapan kerja dan Bahasa Inggris, serta satu kelas pilihan," jelasnya.

Selain itu, program BKK juga memberikan pendampingan peningkatan keterampilan melalui diskusi berkelompok, webinar, layanan konseling, karir, info lowongan kerja, hingga pelaksanaan pameran kerja (job fair).

Data Ruangguru, dampak program dari 32.257 perserta yang ikut, 32% peserta mendapatkan kenaikan pendapatan setelah menyelesaikan program dan 22% mengalami peningkatan karir. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar