Emma Yohana Ajak Masyarakat Utamakan Produk Lokal

Al Imran | Jumat, 15-07-2022 | 20:19 WIB | 344 klik | Kota Bukittinggi
<p>Emma Yohana Ajak Masyarakat Utamakan Produk Lokal<p>

Anggota DPD RI, Emma Yohana didampingi Marfendi (Wawako Bukittinggi), Ketua BKOW Sumbar, Fitria Amalia, Ketua BKOW Bukittinggi, Nurna Eva Karmila dan undangan lainnya, memotong gong tanda dimulainya kegiatan seminar, Jumat. (hamriadi)

BUKITTINGGI (15/7/2022) - Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumatera Barat, Emma Yohana menilai, perlombaan produk UMKM yang diinisiasi Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Barat, merupakan langkah tepat dan strategis.

"Sesuatu produksi tanpa adanya penilaian, belumlah cukup. Pelaku UMKM telah membuat produk sesuai bidangnya. Sekarang ikut dilombakan, untuk bisa mengukur kemampuan mereka, sampai sejauh mana produknya disukai dan diminati masyarakat," ujar Emma di Bukittinggi, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan Emma Yohana saat membuka seminar dengan tajuk, "Strategi Pengembangan UMKM Menuju Era Globalisasi." Iven yang digelar BKOW Sumabar selama dua hari, 15-16 Juli 2022 ini, dikerjasamakan dengan Ikatan Kartini Sumbar Profesional Indonesia (IKAPRI).


Sedikitnya, 30 pelaku usaha UMKM di kabupaten dan kota di Sumatera Barat, mengikuti pagelaran yang dipusatkan di Istana Bung Hatta Bukittinggi itu. Juga hadir, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, Ketua BKOW Sumbar, Fitria Amalia, Ketua BKOW Bukittinggi, Nurna Eva Karmila dan undangan lainnya.

Disampaikan Emma, apabila suatu produk itu bagus, maka akan berkelanjutan dari segi pasar. Misalnya dengan memanfaatkan jual beli online yang sudah mulai memasyarakat.

"Diimbau seluruh elemen masyarakat, untuk mengutamakan membeli produk lokal atau daerah, dalam memenuhi kebutuhan harian. Misalnya, lebih menyukai beras lokal, maka dengan begitu para petani lokal akan lebih bersemangat," ungkapnya.

Dia mengharapkan pemerintah daerah, khususnya Bukittinggi, untuk membuat pusat belanja UMKM seperti yang ada di Pulau Bali.

"Dengan turut andilnya pemerintah daerah, sangat mungkin untuk menfasilitasi tempatnya. Hal itu tidak akan mematikan UMKM lain, sebab menjual produk dan makanannya sendiri. Bagi peminat, belanja gampang untuk mencarinya dan memungkinkan kerjasama dengan Tour dan Travel," ungkap Emma.

Sementara, Ketua Pelaksana yang juga Ketua DPC IKAPRI Bukittinggi, Emalinda Chaidir mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan UMKM yang ada di Sumatera Barat guna penunjang ekonomi masyarakat kedepannya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan itu, pameran, lomba-lomba seperti souvenir, makanan bisa mengangkat kerajinan dan masakan khas Sumatera Barat untuk bisa jadi ikon oleh-oleh dari Sumatera Barat seperti packaging yang menarik wisatawan untuk membeli. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar