Satu Semester Screening Kesehatan hasil Tangkapan Satpol PP

Dua Kasus HIV Ditemukan Satpol PP Padang, Pengidapnya Waria dan Penyuka Sesama Lelaki

Al Imran | Jumat, 15-07-2022 | 20:52 WIB | 227 klik | Kota Padang
<p>Dua Kasus HIV Ditemukan Satpol PP Padang, Pengidapnya Waria dan Penyuka Sesama Lelaki<p>

ILustrasi.

PADANG (15/7/2022) - Satpol PP Padang menemukan dua dari 130 orang yang mengikuti proses screening kesehatan sejak Januari hingga Juli 2022, positif terinveksi HIV. Enam orang lainnya dinyatakan ada keluhan infeksi menular.

"Angka statistik ini ditemukan dari sampel yang diambil dari 58 orang laki-laki dan 72 orang perempuan yang terjaring dalam operasi penertiban yang digelar Satpol PP Padang di berbagai titik," ungkap Kasatpol PP Padang, Mursalim, Jumat.

Dijelaskan Mursalim, penderita HIV ini, diketahui merupakan perilaku seks menyimpang. Hasil identifikasi PPNS Satpol PP, ungkapnya, seorang waria dan satu lagi lelaki suka lelaki (LSL).


Proses screening kesehatan ini, ungkap Murslim, Satpol PP Padang telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan. Pemeriksaan yang dilakukan itu di antaranya tes darah, skrining HIV dan penyakit Menular Lainnya (PML), terhadap semua yang terjaring saat penertiban.

Mereka yang mengikuti skrining kesehatan di Mako Satpol PP Padang tersebut, ialah mereka yang kedapatan beraktifitas sebagai PSK dan Penyakit Masyarakat lainnya," tilas doa.

"Kita fokus melakukan screening terhadap waria, LSL, PSK, anak jalanan yang diamankan warga kumpul kebo, mereka yang kita amankan di hotel dan penginapan, yang diduga pasangan ilegal yang yelah kita amankan," tutur Mursalim.

Tujuan dilaksanakan skrining tersebut, untuk mendeteksi HIV sejak dini mungkin. Agar tidak terlambat dan bisa dilakukan pencegahan, perawatan, dan pengobatan HIV bagi mereka yang terduga menjadi penderita. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar