Bupati Tandatangani Hibah Tanah dan Bangunan untuk BPS Pasaman Barat

Al Imran | Sabtu, 16-07-2022 | 15:05 WIB | 513 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>Bupati Tandatangani Hibah Tanah dan Bangunan untuk BPS Pasaman Barat<p>

Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Margo Yuwono bersama Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan jajaran, foto bersama usai penandatanganan hibah aset tanah dan bangunan untuk BPS Kabupaten Pasaman Barat di gedung BPS RI Jakarta, Jumat. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (15/7/2022) - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menilai, peran Badan Pusat Statistik (BPS) dalam mewujudkan Satu Data Indonesia, telah berdampak positif untuk mendukung pelaksanaan pembangunan, yaitu dengan penyediaan data-data sektoral, baik itu data statistik maupun data geospasial.

"Diperlukan sinergi antar kementerian, lembaga, dinas, instansi pusat dan daerah dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia. Selama ini, kendala kami mengenai pengumpulan data, dapat diatasi dengan adanya peran aktif dari pembinaan statistik sektoral yang dilakukan BPS Pasaman Barat," kata Hamsuardi di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakan Hamsuardi, usai menandatangani Perjanjian Hibah dan Serah Terima Barang Milik Negara dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI) kepada Pemerintah Daerah Pasaman Barat, di gedung BPS RI Jakarta, Jumat.


Penandatanganan itu dilakukan dengan Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Dr Margo Yuwono.

Satu Data Indonesia merupakan tata kelola pemerintahan yang mengharuskan untuk menghasilkan data berkualitas. Di era digitalisasi ini, data tidak hanya berupa angka, tapi juga bisa berupa peta, karakter, simbol, isyarat, bahkan dalam bentuk bunyi yang semuanya harus dituangkan dalam satu data.

Ia melanjutkan, segala pelayanan yang telah diberikan BPS Pasaman Barat kepada Organisasi Perangkat Daerah, sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas data statistik sektoral di lingkungan OPD Kabupaten Pasaman Barat.

Hamsuardi menjelaskan, BPS adalah sebagai instansi penyedia data statistik yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mengelola data yang telah terhimpun, sangat membantu dalam pengelolaan perencanaan pembangunan daerah dari berbagai aspek.

"Data statistik yang telah disajikan memiliki peranan penting dalam rangka mencapai sasaran pembangunan, karena mampu menunjukkan fakta sebenarnya mengenai perkembangan, permasalahan, dan tantangan yang dihadapi dalam pembangunan," terangnya.

Dengan informasi statistik, rencana dan kebijakan pembangunan daerah akan lebih tepat dan mampu memberdayakan setiap potensi pembangunan secara optimal, sehingga pembangunan akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara.

Hamsuardi menegaskan, BPS Pasaman Barat telah menghadirkan beberapa macam inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah. Inovasi tersebut salah satunya Bidadari dan Statistik Bencana Gempa.

Kedua aplikasi ini memiliki pengaruh besar untuk perencanaan pembangunan daerah serta membantu dalam mengalokasikan dana darurat untuk membantu korban pasca gempa di Kabupaten Pasaman Barat.

"Kami mengapresiasi segala peran aktif Badan Pusat Statistik dalam membantu pemerintah daerah berkolaborasi membangun daerah menjadi lebih baik," ujarnya.

Sehubungan dengan perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik sebagai pelayan masyarakat, salah satu bentuk pelayanan kepada publik yaitu mengoptimalisasikan fungsi fasilitas dan pelayanan publik.

"Kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat berencana mengoptimalkan penggunaan tanah yang tidak dimanfaatkan oleh BPS Pasaman Barat untuk memperluas area Taman Hutan Kotam," ungkapnya.

Bentuk kompensasi yang didapatkan BPS, berupa tanah seluas 1.535 meter persegi di ring 1 perkantoran bupati, tepatnya di belakang rumah dinas Bupati Pasaman Barat.

"Sekiranya rencana dan upaya yang baik ini kita kawal dan dukung bersama serta semoga mendapatkan berkah dan ridho dari Allah SWT," ajak Hamsuardi.

Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Margo Yuwono mengucapkan rasa syukur, atas terselenggaranya perjanjian hibah aset tanah dan bangunan untuk BPS Kabupaten Pasaman Barat.

"Kita telah menandatangani Perjanjian Hibah dan Serah Terima Barang Milik Negara pada hari ini. Sama-sama kita ketahui, pada tahun lalu tepatnya tanggal 13 Desember tahun 2021 telah menerima hibah berupa tanah seluas 1.535 meter persegi dan bangunan dari Pemkab Pasaman Barat," terang Margo Yuwono. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Pasaman Barat