Terlanjur Clear All Chat, Begini Cara Mengatasinya

Al Imran | Sabtu, 16-07-2022 | 23:41 WIB | 227 klik | Nasional
<p>Terlanjur Clear All Chat, Begini Cara Mengatasinya<p>

Ilustrasi.

PADANG (16/7/2022) -- Setiap pemilik telepon seluler (ponsel) dan aktif di sosial media, tentunya akrab dengan berbagai grup percakapan dari berbagai platform sosial media.

Tentunya, setiap grup sosial media itu, ada yang fokus ke topik spesifik disertai larangan mengunggah di luar tema grup, hingga grup yang isinya membahas semua hal teraktual.

Tak jarang, pesan tak terbaca itu menumpuk di berbagai grup, terutama yang tak berkait dengan profesi dan pekerjaan. Saking banyaknya, sudah jadi kebiasaan bagi semua orang, untuk langsung clear chat (hapus pesan) tanpa merasa perlu untuk melihatnya lebih dulu.


Nah, jika ternyata ada pesan penting yang harus dibaca, sementara dia sudah terhapus, apa yang mesti dilakukan?

Selain meminta yang bersangkutan untuk mengirim ulang, ponsel Redmi Note 10 Pro MIUI 13.0.4 Region ID ternyata memiliki fitur pencatat notifikasi bawaan Android yang sudah ada dalam ponsel.

Untuk ponsel tipe lain dan android versi lain, silahkan mencobanya sendiri. Disarankan, pembaca menggunakan trik ini secara bijaksana, karena mungkin saja di ponsel berbeda, mengandung resiko tertentu.

Pertama-tama yang dibutuhkan adalah Aplikasi MeFeat untuk membuka fitur tersembunyi dari Android maupun MIUI. Silahkan unduh Aplikasi MeFeat dari sini.

Setelah ter-install Aplikasi MeFeat, langsung saja kalian buka dan cari ikon Notification History, lalu klik Launch.

Jika tampilannya kosong, matikan Sistem Dark Mode di ponsel karena fitur ini belum memndukung Mode Gelap.

Aktifkan tombol Use Notification History.

Lalu biarkan fitur tersebut mencatat setiap notfikasi yang masuk ke dalam ponsel, dan bisa dilihat pada masing-masing Aplikasi jika ada notifkasi yang masuk. Pada Aplikasi chat sebagai contoh Saya mengunakan Whatsapp.

Notifikasi yang muncul pada pencatat ini tidak akan pernah hilang walaupun dilakukan restart pada ponsel, kecuali di ON/OFF kan tombol Use Notification History.

Fitur ini hanya mencatat notifikasi yang masuk, tetapi tidak akan mencatat chat/pesan yang dikirim keluar.

Nah, cukup mudah kan mengetahui isi chat yang telah terhapus? (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar