Penggunaan Ganja untuk Keperluan Medis, Darul Siska: BRIN Perlu Diberi Peran Lebih Besar

Senin, 18 Juli 2022, 22:07 WIB | News | Nasional
Penggunaan Ganja untuk Keperluan Medis, Darul Siska: BRIN Perlu Diberi Peran Lebih Besar
Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska.

JAKARTA (18/7/2022) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) perlu mendapat peran lebih besar, dalam konteks riset dan penelitian ganja untuk keperluan medis. Pelibatan BRIN ini memang perlu dimaksimalkan, lantaran lembaga tersebut memiliki banyak periset andal.

"Saya harap ganja bisa diteliti dengan baik, apalagi kita punya BRIN lembaga yang diharapkan meningkatkan penelitian dan memberikan manfaat bagi semua," ujar Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska di Jakarta, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Darul Siska saat ditanya wartawan di gedung parlemen. Politisi senior Partai Golkar ini menyatakan, mendukung secara pribadi upaya penelitian ganja untuk keperluan medis itu.

Menurut dia, uji klinis medis juga diperlukan, dengan melewati beberapa tahapan, sebelum diputuskan kadar atau volume kandungan manfaat dari ganja.

Baca juga: 5000 Penerima KIS PBI Tanah Datar Dinonaktifkan Sistem, Darul Siska: Segera Singkronisasikan Data

"Setiap peneltian kesehatan, akan ada uji klinis beberapa tahap, seperti vaksin. Lalu ditentukan kadarnya untuk kesehatan berapa, yang lebih penting adalah penelitian dilaksanakan dengan pengawasan ketat," ucap dia.

Seharusnya, kata Darul Siska, pemerintah Indonesia bisa mencontoh pemerintah Korea Selatan. Sepengetahuan dia, Negeri Ginseng itu sempat meneliti daun cemara untuk kebutuhan medis dan kesehatan.

Hasilnya, Korea Selatan mampu menemukan obat untuk menghilangkan flek di saluran darah yang berasal dari daun cemara.

Dia meyakini, seluruh yang ada di muka bumi akan ada manfaatnya masing-masing. "Sesuai yang ada di al Quran, apa yang diciptakan oleh Allah tidak mungkin tidak ada manfaatnya."

Baca juga: Jemaah Haji Banyak Lansia, Darul Siska: Klinik Kesehatan Kekurangan Dokter dan Tempat Tidur

"Sumber kekayaan flora kita besar sekali, maka saya secara pribadi mendukung ganja diteliti manfaatnya untuk medis dan kesehatan," paparnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: