Disdukcapil Targetkan Seluruh ASN Padang Telah Gunakan KTP Digital dalam Sebulan

Al Imran | Selasa, 19-07-2022 | 06:18 WIB | 168 klik | Kota Padang
<p>Disdukcapil Targetkan Seluruh ASN Padang Telah Gunakan KTP Digital dalam Sebulan<p>

Wali Kota Padang, Hendri Septa didampingi Kadisdukcapil, Teddy Antonius seusai melakukan aktivasi identitas kependudukan digital di kediaman wali kota, Senin. (veri rikiyanto)

PADANG (18/7/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam memberikan pelayanan terkait administrasi kependudukan (Adminduk).

Dia menyampaikan hal tersebut seusai melakukan aktivasi identitas kependudukan digital bersama Kepala Disdukcapil Padang, Teddy Antonius di rumah dinas wali kota, Senin.

"Saya harapkan melalui indentitas kependudukan digital ini, masyarakat khususnya warga Kota Padang akan semakin dimudahkan, dalam hal memperoleh Adminduk, seperti KTP dan KK," kata Hendri.


Kepala Disdukcapil, Teddy Antonius menjelaskan, identitas kependudukan digital ini adalah salah satu bentuk layanan Adminduk berbasis teknologi informasi dalam rangka mewujudkan Disdukcapil dalam genggaman.

"Kedepan, dengan identitas kependudukan yang ditanamkan di HP/gawai masing-masing penduduk, memungkinkan seluruh dokumen kependudukan berada dalam genggaman," papar Teddy.

Teddy menyampaikan, untuk tahap awal pihaknya akan melakukan aktivasi identitas kependudukan digital kepada seluruh Aparatur Sipil Negara yang ada di lingkungan Kota Padang.

"Target kita dalam satu bulan seluruh ASN Pemko Padang sudah memilki identitas kepedudukan digital, seperti KTP dan KK," tambah Teddy.

Untuk itu, lanjut Teddy, Disdukcapil Kota Padang akan turun langsung mendatangi 11 kecamtan yang ada di Kota Padang.

Teddy menjelaskan, dengan adanya identitas kependudukan digital, masyarakat tidak perlu lagi khawatir jika ketinggalan dompet saat berpergian.

"Sama seperti dompet digital, kita tidak perlu lagi bawa uang tunai, cukup membayar dengan aplikasi di HP, maka identitas kependudukan digital juga demikian. Karena, identitas kita ada di dalam aplikasi yang ada di HP masing-masing," ungkap Teddy.

Namun demikian, tambah Teddy, warga yang tidak memiliki HP Android tidak perlu khawatir karena identitas kependudukan seperti KTP el tetap berlaku. (vri)

Padang, Hendri Septa, KTP Digital

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar