Sumbar Ajak PFN Produksi Film tentang Bung Hatta, Meutia Hatta: Semoga jadi Teladan

Al Imran | Selasa, 19-07-2022 | 17:09 WIB | 111 klik | Kota Bukittinggi
<p>Sumbar Ajak PFN Produksi Film tentang Bung Hatta, Meutia Hatta: Semoga jadi Teladan<p>

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy bersam Meutia Hatta (putri Bung Hatta) dan Direktur Utama Perum PFN (Produksi Film Negara), Dwi Heriyanto B dan Meutia Hatta di Jl Pangeran Dipenogro No 57 Jakarta Pusat, Senin. (humas)

JAKARTA (18/7/2022) - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy membahas potensi kerjasama pembuatan film sejarah tentang tokoh Proklamator, DR Mohamad Hatta atau dikenal dengan Bung Hatta bersama Direktur Utama Perum PFN (Produksi Film Negara), Dwi Heriyanto B dan Meutia Hatta di Jl Pangeran Dipenogro No 57 Jakarta Pusat, Senin.

"Silahturahmi ini adalah salah satu bentuk kepedulian serta mengajarkan betapa pentingnya para generasi muda, untuk saling mengingat dan menghargai jasa Bapak Proklamator, Mohamad Hatta yang sangat berperan dalam kemerdekaan bangsa yang besar ini," ungkap Audy disela pertemuan.

Pertemuan ini dalam rangka mengembangkan potensi wisata dan sejarah di Sumatera Barat. Selain Audy dan Dwi Heriyanto, juga hadir Direktur Produksi PFN, Sutjiati Eka Tjandrasari dan Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumbar, Aschari Cahyaditama.


Dikatakan Audy, dalam konsep pemahaman menghargai pahlawan, perlu dibuatkan dokumenter yang teramu dalam sebuah film. Dimana, pembuatan film tentang Bung Hatta ini secara teknis akan diproduksi oleh Perusahaan Film Negara (PFN).

Sementara, Pemerintah Provinsi akan memfasilitasi sekaligus sebagai penghubung antara PFN dan keluarga Bung Hatta untuk proses produksinya.

"Kita ingin film ini akan menampilkan wajah Sumatera Barat, sebagai daerah yang banyak melahirkan pelaku sejarah dalam zaman kemerdekaan, dengan begitu ketokohan Bung Hatta dapat menjadi panutan generasi muda anak Indonesia kedepan," kata Audy.

"Diharapkan juga film Bung Hatta ini juga membawa pesan yang di dalamnya banyak menampilkan daerah dan lokasi kunjungan wisata di Sumatera Barat, sehingga dengan tayangan tersebut akan hadir pesona wisata Sumbar di mata Dunia," tambah Audy.

Sementara, keluarga Bung Hatta yang diwakili Muetia Hatta, menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sumbar yang memberikan perhatian penuh terhadap Bung Hatta dan keluarga dalam bentuk apapun.

"Semoga film itu akan menjadi contoh dan pelajaran bagi generasi penerus. Tanggal 12 Agustus adalah hari ulang tahun Bung Hatta, dimana kami ingin ke Bukittinggi dan menjadikan hari tersebut sebagai peringatan hari lahirnya Bung Hatta," kata ibu Meutia.

Audy menyambut baik rencana tersebut dan Pemprov Sumbar akan mengkoordinir acara kepulangan keluarga tersebut di Istana Bung Hatta. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar