Liputan Khusus Bukittinggi Hebat Bidang Lingkungan

Ketua DPRD dan Wali Kota Bukittinggi Terima Green Leadership Nirwasita Tantra 2021

Al Imran | Rabu, 20-07-2022 | 17:36 WIB | 253 klik | Kota Bukittinggi
<p>Ketua DPRD dan Wali Kota Bukittinggi Terima Green Leadership Nirwasita Tantra 2021<p>

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar didampingi Benny Yusrial (Ketua DPRD) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Aldiasnur foto bersama usai menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2021 untuk kategori kota kecil, di Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu. (humas)

BUKITTINGGI (20/7/2022) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Benny Yusrial (Ketua DPRD) sebagai salah satu peraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2021 untuk kategori kota kecil.

"Alhamdulillah, berkat penyelenggaraan pemerintahan yang berwawasan lingkungan hidup, penghargaan ini dapat kita raih," ungkap Erman Safar usai menerima penghargaan di Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu.

Disebutkan Erman Safar, prestasi ini tentu tidak lepas dari kerja keras dinas terkait didukung pimpinan dan anggota DPRD serta disukseskan oleh masyarakat.


"Terima kasih untuk kerja keras ini dan akan kita upayakan untuk mempertahankan serta meningkatkan di tahun berjalan dan tahun akan datang," tukas Erman Safar.

Dikatakan Erman Safar, sesuai visi misi yang tertuang dalam RPJMD, Bukittinggi menjalankan berbagai program yang mendukung Bukittinggi Hebat dalam sektor kesehatan dan lingkungan. Sehingga, sejumlah upaya dilakukan untuk merealisasikan program berbasis lingkungan hidup.

Sementara, Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial juga mengungkapkan rasa syukurnya. Karena, Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021.

Menurut Benny, DPRD berkomitmen penuh untuk mendukung seluruh program pemerintah, yang tujuannya untuk kesejahteraan rakyat di seluruh bidang termasuk lingkungan hidup.

"Kami atas nama masyarakat Bukittinggi tentu bersyukur pada Allah atas penghargaan ini. Kami di DPRD akan terus mendukung program pemerintah berbasis masyarakat dan lingkungan," terangnya.

"Karena, dengan lingkungan yang bersih dan sehat, akan berdampak positif pada kesehatan, keamanan dan kenyamanan warga serta pengunjung Bukittinggi," tambah Beny.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Aldiasnur menjelaskan, Bukittinggi merupakan satu dari tiga daerah di Sumatra Barat mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021.

Untuk penghargaan tahun 2021, Nirwasita Tantra diserahkan KLHK pada Wali Kota dan Ketua DPRD Bukittinggi, Wali Kota dan Ketua DPRD Payakumbuh serta Bupati dan Ketua DPRD Dharmasraya termasuk DPRD Sumatra Barat.

"Untuk kategori kota kecil, penghargaan diterima Wali Kota dan Ketua DPRD Bukittinggi. Hal ini terkait dengan setiap program dan inovasi yang dijalankan Pemko Bukittinggi mengenai isu lingkungan hidup dilaporkan dalam Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD)," ungkap Aldiasnur.

Laporan ini, lanjut Aldiasnur, setiap tahun disusun dan disampaikan kepada KLHK melalui sistem informasi yang telah dibangun dan selanjutnya dilakukan penilaian oleh Tim Profesional Independen.

"Program yang dinilai antara lain mencakup Indeks Kualitas Udara (IKU), Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Lahan (IKL), Pengelolaan Sampah serta konsep tatanan pembangunan kota," jelasnya.

Seribuan Usulan

Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Supriyanto menyebutkan, hingga tahun lalu, ada lebih dari 1.100 usulan penerima penghargaan lingkungan.

"Berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK No 161, 162 dan 553 telah ditetapkan penerima penghargaan yang diberikan dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang dan kota kecil," ungkap Bambang Supriyanto.

Tiap kategori, diberikan kepada tiga kepala daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik.

DPRD Kabupaten Lamongan, Banyumas dan Tuban terpilih sebagai penerima penghargaan Green Leadership "Nirwasita Tantra" 2021 kategori DPRD Tingkat Kabupaten Besar.

Sedangkan untuk kategori DPRD Tingkat Kota Sedang diraih oleh DPRD Kota Sukabumi, Madiun dan Pangkal Pinang.

Untuk kategori DPRD Tingkat Kabupaten Kecil diraih oleh DPRD Kota Payakumbuh, Bukittinggi dan Magelang.

"Nirwasita Tantra" merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada kepala daerah, yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan pembangunan berkelanjutan, untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar