30 Perwakilan Ikuti Sosialisasi Pemberdayaan Ormas di Pasaman Barat

Al Imran | Kamis, 21-07-2022 | 20:20 WIB | 119 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>30 Perwakilan Ikuti Sosialisasi Pemberdayaan Ormas di Pasaman Barat<p>

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pasbar, Joni Hendri foto bersama dengan narasumber Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan di Pasaman Barat, di auditorium kantor bupati, Kamis. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (20/7/2022) - Organisasi Kemasyarakatan yang biasanya disebut Ormas adalah organisasi yang didirikan atau dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD Republik Indonesia tahun 1945.

Menyikapi pentingnya tugas fungsi Ormas tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melalui Badan Kesbangpol melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan di Pasaman Barat, di auditorium kantor bupati, Kamis.

Adapun narasumber yang didatangkan dalam kegiatan tersebut berasal dari Polres Pasbar yang diwakili oleh KBO Bimas, Kodim 0305 Pasaman yang dihadiri Kasdim dan Kesbangpol sendiri.


Kegiatan yang dihadiri oleh lebih 30 perwakilan Ormas tersebut dibuka oleh Bupati Pasbar diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Joni Hendri.

Dalam penyampaian sambutannya, Joni Hendri sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menitipkan harapannya kepada setiap Ormas di Pasbar, selalu memberikan informasi-informasi terkait kemajuan daerah kedepannya.

Pada kesempatan tersebut, terlihat bagaimana antusiasme perwakilan Ormas yang dibuktikan dengan banyaknya dialog interaktif selama kegiatan berlangsung.

Setiap narasumber yang memberikan materi bertubi-tubi menerima pertanyaan dari berbagai Ormas mulai dari fungsi tugas Ormas di tengah-tengah masyarakat serta sinergitas Ormas dengan seluruh stake holder dalam menghadapi situasi kondisi wilayah Pasaman Barat.

Menurut Plh Kepala Badan Kesbangpol, Yosmar Difia, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat jalinan komunikasi dengan seluruh Ormas yang ada di Pasaman Barat.

Agenda sosialisasi ini adalah agenda rutin Pemda Pasbar melalui Badan Kesbangpol yang bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan seluruh Ormas yang ada di Pasbar.

"Jadikan ajang sosialisasi ini sebagai ajang komunikasi aktif terkait kondisi daerah dan silahkan sampaikan apa yang seharusnya kita sinergitas khan di lapangan kegiatan kita, apalagi dalam sosialisasi ini kita ada narasumber dari pihak TNI/Polri."

"Manfaatkan pertemuan ini untuk menyusun strategi dan langkah kedepannya untuk kemajuan Pasbar yang kita cintai ini. Mari Kesbangpol ini, sebagai mitra Ormas di Pemerintahan Daerah, mari jadikan kantor Kesbangpol ini sebagai rumah keduanya Ormas," pungkas Yosmar Difia yang juga mantan Kabag Humas Pasbar itu.

Sementara itu, keterangan dari salah seorang perwakilan Ormas, Mon Eferi dari MRPB Pasbar menyampaikan ucapan terimakasih, atas terlaksananya kegiatan yang digagas pada Badan Kesbangpol ini.

"Terimakasih untuk Pemda Pasbar melalui Badan Kesbangpol, dengan adanya kegiatan ini, kami Ormas merasa diperhatikan dan merasa diayomi, kiranya kegiatan ini bisa dilaksanakan lebih sering sehingga kami para Ormas mendapatkan wadah informasi dan wadah komunikasi untuk tujuan kebaikan masyarakat Pasbar yang kita cintai," pungkas dia. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar