UI Green Metric 2022, Padang Terima Dua Penghargaan

Al Imran | Jumat, 22-07-2022 | 18:14 WIB | 148 klik | Kota Padang
<p>UI Green Metric 2022, Padang Terima Dua Penghargaan<p>

Wako Padang, Hendri Septa memperlihatkan dua penghargaan yang diraih dari UI dalam iven bertajuk UI Green Metric, di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis. (humas)

JAKARTA (21/7/2022) - Universitas Indonesia (UI) tempatkan Kota Padang sebagai Kota Paling Berkelanjutan Dalam Bidang Tata Kelola Air di Indonesia dan peringkat ke-3 Kota Paling Berkelanjutan. Penilaian UI Green Metric ini diikuti 34 peserta.

Dua penghargaan ini diraih dalam balutan acara "Anugerah UI Green City Metric Rangking's 2022." Penghargaan ini diterima Wali Kota Padang, Hendri Septa dari Sekretaris Universitas Indonesia, dr Agustin Kusumayanti didampingi Ketua UI Green Metric, Prof Riri Fitri Sari, di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis.

"Alhamdulillah wasyukurillah, saya tidak menyangka mendapat dua penghargaan sekaligus. Atas nama Pemerintah Kota Padang kami ucapkan terima kasih buat warga Kota Padang. Penghargaan ini saya persembahkan buat warga Kota Padang," ucap Hendri Septa.


Dikatakan Hendri, Kota Padang memiliki banyak sungai. Lima di antaranya adalah sungai besar dan enam belas sungai kecil. Dengan adanya penghargaan ini tentunya akan menambah semangat dari Pemerintah dan warga Kota Padang, untuk mengelola dan menjaga sungai ini dengan baik, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan hidup.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Padang yang telah menjaga lingkungan dengan baik."

"Kami ucapkan juga terima kasih kepada tim penilai UI yang telah menganugerahkan penghargaan ini buat Kota Padang. Insha Allah perhargaan ini akan kami jaga dan akan kami tingkatkan lagi," pungkas Hendri didampingi Kabag Prokopim, Amrizal Rengganis.

Sementara itu, Prof Riri Fitri Sari mengungkapkan, dalam proses penilaian penghargaan UI Green Mentric memperhatikan enam aspek utama. Yakni, Bidang Penataan Ruang dan Infrastruktur, Bidang Energi dan Perubahan Iklim, Bidang Tata Kelola Limbah dan Sampah, Bidang Tata Kelola Air, Bidang Akses dan Mobilitas, serta Bidang Tata Pamong di Indonesia.

"Melalui penilaian ini kita semua tentu berharap kota/kabupaten kita bisa menjadi contoh untuk tata kelola lingkungan berkelanjutan," harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang, Mairizon mengatakan, evaluasi untuk penilaian penghargaan ini telah dilakukan sejak Februari 2022 lalu.

Evaluasi meliputi kriteria Penataan Ruang dan Infrastruktur, Energi dan Perubahan Iklim, Tata Kelola Sampah dan Limbah, Tata Kelola Air, Akses dan Mobilitas, Tatapamong atau Governance. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar