Bukittinggi Dinobatkan jadi Kota Layak Anak Kategori Nindya

Sabtu, 23 Juli 2022, 09:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Dinobatkan jadi Kota Layak Anak Kategori Nindya
Mentri PPA,I Gusti Ayu Bintang menyerahkan penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya pada Wako Bukittinggi di Bogor, Jumat. (humas)

BUKITTINGGI (22/7/2022) - Bukittinggi kembali berhasil meraih prediket Kota Layak Anak tahun 2022. Penghargaan diterima Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dari Mentri PPPA, I Gusti Ayu Bintang di Bogor, Jumat.

Kebijakan pembangunan KLA merupakan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah mendorong pemerintah daerah guna mewujudkan KLA sejak tahun 2013 sampai dengan saat ini sebagai sebuah bentuk komitmen untuk melindungi anak.

Tujuan penerapan KLA ini untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten/kota untuk lebih respon terhadap kepentingan anak, baik dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan serta kemitraan dengan lembaga non pemerintah di bidang pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

Kepala DP3APPKB Bukittinggi, Tati Yasmarni menjelaskan, setelah melalui tahapan dan evaluasi pada Juni lalu, akhirnya Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak tahun 2022.

Dimana, evaluasi difokuskan pada klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus anak.

"Alhamdulillah, melalui arahan Bapak Wali Kota dan koordinasi dengan seluruh jajaran, tahapan dan evaluasi dapat dilalui dengan baik," ungkap.dia.

Sehingga, lima klaster yang menjadi indikator dapat dilalui dan Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak tahun 2022.

Baca juga: Seminggu Liburan Idul Fitri 1445 H, Bukittinggi Raup PAD Rp2,2 Miliar

"Bukittinggi naik peringkat dan mendapat katogeri Nindya, dimana sebelumnya Bukittinggi baru masuk kategori Madya," jelasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: