Mahasiswa Mesti Miliki Kecerdasan Finansial, Ini 13 Tips Hemat dalam Belanjakan Uang Saku

Sabtu, 23 Juli 2022, 21:00 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Mahasiswa Mesti Miliki Kecerdasan Finansial, Ini 13 Tips Hemat dalam Belanjakan Uang Saku
Ilustrasi.

PADANG (23/7/2022) - Menempuh pendidikan tinggi sehingga jauh dari orang tua, tentunya mahasiswa memerlukan keterampilan dalam mengelola keuangan. Jika orang tua mampu secara finansial, tentunya anda bisa merengek untuk minta transferan walau ini sebenarnya tak baik bagi masa depan anda.

Jika ternyata orang tua belum beruntung secara finansial, keterampilan dalam mengelola uang tentunya harus dimiliki setiap mahasiswa terutama yang kuliah di tanah perantauan.

Kecerdasan finansial adalah kemampuan seseorang dalam memahami pentingnya perencanaan dan penerapan tata kelola keuangan yang baik, yang pada akhirnya membawa dia mampu mewujudkan impian dan harapannya.

Tingkatan keberhasilan dari penerapan/praktik kecerdasan finansial adalah sebagai berikut:

Financial protection adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai cukup uang untuk memenuhi pengeluaran bulanan minimum, untuk 2 bulan sampai 24 bulan tanpa harus bekerja secara fisik.

Financial security adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan hidupnya, angsuran rumah, biaya operasional keluarga (masak, makan, minum, listrik, transport, dan kesehatan) tanpa perlu bekerja, kecuali bila memang memilih untuk bekerja.

Financial independence adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman dan hasilnya mencukupi kebutuhan hidup kita serta sebagian kecil gaya hidup yang tercukupi tanpa harus bekerja lagi secara fisik. Dengan kata lain, kita bebas tidak bekerja tapi kebutuhan dan sebagian kecil gaya hidup terpenuhi.

Financial freedom adalah suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan di atas standard umum.

Berikut kiat yang mesti dicermati para mahasiswa terutama yang hidup diperantauan:

1. Buat daftar pengeluaran untuk sebulan

Yang pertama, buat daftar pengeluaran yang gak melebihi uang saku dari orangtua. Dengan belajar hal ini, kamu berlatih buat terbiasa atur keuangan kamu di masa mendatang.

Gimana cara memulainya? Kamu bisa bikin daftar pengeluaran mulai dari yang terpenting sampai rekreasi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: