Pemberdayaan Masyarakat dan Literasi jadi Fokus Mahasiswa KKN Unand di Taeh Baruah

Selasa, 26 Juli 2022, 21:24 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Pemberdayaan Masyarakat dan Literasi jadi Fokus Mahasiswa KKN Unand di Taeh Baruah
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN Unand di Nagari Taeh Baruah, Prof Ratni Prima Lita bersama mahasiswa KKN di Nagari Taeh Baru, Senin.

LIMAPULUH KOTA (26/7/2022) - Sebanyak 24 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas yang ditempatkan di Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota bakal melakukan pengabdian pada masyarakat selama sebulan ke depan.

Mereka disambut di Kantor Camat Taeh Baruah, Senin (25/7/2022) dan akan berbaur dengan masyarakat hingga 27 Agustus mendatang.

Ketua Kelompok KKN Unand Nagari Taeh Baruah, Andre Andaresta menyebut, pihaknya siap berkontribusi dalam mengembangkan visi-misi Wali Nagari terpilih.

Andre bersama kawan-kawan KKN telah menyiapkan program kegiatan pengabdian yang diselaraskan dengan kebutuhan nagari.

Baca juga: Mahasiwa KKN Unand Kenalkan Mading sebagai Gerakan Literasi Sekolah

"Hari kedua di sini, kami langsung men-survei para pengusaha gula aren. Semoga kami mampu membantu petani lokal menciptakan varian gula aren cair, karena secara ekonomi nilai jualnya lebih tinggi."

"Kami juga ingin membantu agar produk itu bisa dipasarkan di kafe-kafe tempat nongkrongnya kaum milenial," sebut Andre, Selasa.

Selain mengembangkan usaha gula aren, Andre juga menyiapkan program pemberdayaan masyarakat dan menggaungkan literasi.

Ia bersyukur sambutan masyarakat setempat begitu positif dan telah menyediakan hunian sementara untuk mereka berkegiatan di sana.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unand Kenalkan Dampak Sampah Plastik pada Siswa SD 18 Tanjung Gadang

"Kami juga ingin membantu kegiatan ibu-ibu PKK dan karang taruna. Semoga kami juga bisa membuatkan website dan media sosial untuk Nagari Taeh Baruah," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: