Pemberdayaan Masyarakat dan Literasi jadi Fokus Mahasiswa KKN Unand di Taeh Baruah

Al Imran | Selasa, 26-07-2022 | 21:24 WIB | 319 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Pemberdayaan Masyarakat dan Literasi jadi Fokus Mahasiswa KKN Unand di Taeh Baruah<p>

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN Unand di Nagari Taeh Baruah, Prof Ratni Prima Lita bersama mahasiswa KKN di Nagari Taeh Baru, Senin.

LIMAPULUH KOTA (26/7/2022) - Sebanyak 24 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas yang ditempatkan di Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota bakal melakukan pengabdian pada masyarakat selama sebulan ke depan.

Mereka disambut di Kantor Camat Taeh Baruah, Senin (25/7/2022) dan akan berbaur dengan masyarakat hingga 27 Agustus mendatang.

Ketua Kelompok KKN Unand Nagari Taeh Baruah, Andre Andaresta menyebut, pihaknya siap berkontribusi dalam mengembangkan visi-misi Wali Nagari terpilih.


Andre bersama kawan-kawan KKN telah menyiapkan program kegiatan pengabdian yang diselaraskan dengan kebutuhan nagari.

"Hari kedua di sini, kami langsung men-survei para pengusaha gula aren. Semoga kami mampu membantu petani lokal menciptakan varian gula aren cair, karena secara ekonomi nilai jualnya lebih tinggi."

"Kami juga ingin membantu agar produk itu bisa dipasarkan di kafe-kafe tempat nongkrongnya kaum milenial," sebut Andre, Selasa.

Selain mengembangkan usaha gula aren, Andre juga menyiapkan program pemberdayaan masyarakat dan menggaungkan literasi.

Ia bersyukur sambutan masyarakat setempat begitu positif dan telah menyediakan hunian sementara untuk mereka berkegiatan di sana.

"Kami juga ingin membantu kegiatan ibu-ibu PKK dan karang taruna. Semoga kami juga bisa membuatkan website dan media sosial untuk Nagari Taeh Baruah," ujarnya.

Wali Nagari Taeh Baruah, Indra Mulyadi mengaku gembira atas penempatan mahasiswa KKN Unand di daerahnya.

Ia berharap para mahasiswa itu dapat mempercepat terwujudnya program-program positif bagi masyarakat setempat.

"Usaha pertanian gula aren menjadi salah satu mata pencaharian yang banyak dilakoni masyarakat Taeh Baruah. Kami ingin mengangkat sektor ekonomi ini menjadi naik level. Diharapkan ada produk-produk varian yang bisa memberi nilai jual lebih dan menjangkau pasar yang luas," jelasnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN Unand di Nagari Taeh Baruah, Prof Ratni Prima Lita menjelaskan, program ini dinaungi Unit Pelaksana Teknis Pembelajaran di Luar Kampus (UPT-Pelpus) seiring berubah status Unand sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

"Karena itu program KKN tahun ini diharapkan lebih mengedepankan program tepat guna yang manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat. Pembelajaran bagi mahasiswa di luar kampus diharapkan juga meningkatkan awareness mahasiswa akan kebutuhan nyata masyarakat sesuai dengan terkini," katanya.

Prof Ratni yang merupakan Guru Besar Jurusan Manajemen FE Unand berpesan pada mahasiswa, agar menjaga tatakrama selama bergaul dengan masyarakat.

Ia juga menekankan agar program KKN bisa membawa perubahan positif bagi mahasiswa dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Kami siap mendukung program Pemkab Limapuluh Kota pada umumnya dan terkhusus bagi Nagari Taeh Baruah. Semoga keberadaan mahasiswa KKN dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan nagari," harapnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar