Festival Ekonomi Syariah Minangkabau 2022 Ditabuh, Ini Lokasi Penyelenggaraannya

Rabu, 27 Juli 2022, 13:18 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Festival Ekonomi Syariah Minangkabau 2022 Ditabuh, Ini Lokasi Penyelenggaraannya
Gubernur Sumbar, Mahyeldi membuka kegiatan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FESMina), Rabu di kantor KPw BI Sumbar di Jl Sudirman, Padang, Rabu. (veri rikiyanto)

PADANG (27/7/2022) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumatera Barat, menyelenggarakan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (FESMina), Rabu. Iven ini sebagai bagian kegiatan Road to Fesyar (Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah) Sumatera 2022.

"Iven FESMina ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan KPw BI Sumatera Barat. Semoga, FESMina ini dapat menjadi agenda rutin tahunan pengembangan Ekonomi Syariah KPw Sumatera Barat," ungkap KPw BI Sumatera Barat, Wahyu Purnama A usai pembukaan, Rabu.

Dikatakan, FESMina akan diadakan di dua tempat yaitu di Bank Indonesia dan Transmart Padang yang dimulai tanggal 27-30 Juli 2022.

FESMIna ini digelar dalam rangka mendukung Fesyar Regional Sumatera. Dimana, pada 2022 ini, Bank Indonesia kembali menggelar Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah. Secara nasional, iven ini digelar BI di tiga wilayah regional yaitu Sumatera, Jawa dan Kawasan Timur Indonesia.

Baca juga: 300 UMKM Ikuti Festival Ekonomi Syariah

Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah Regional Sumatera mengusung tema "Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Sumatera untuk Memperkuat Pemulihan Ekonomi Sumatera yang Inklusif." Iven ini akan dilaksanakan secara hybrid pada 4-6 Agustus 2022 dengan penyelenggara KPW BI Aceh.

Upaya meningkatkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini, telah digelar sejak 2017. Kegiatan FESMina secara umum memiliki tiga kegiatan utama yaitu: Opening ceremony, Sharia Economic Forum dan Sharia Fair.

Kegiatan Sharia Economic Forum yang diadakan secara luring yaitu pelaksanaan dengan tema "Sinergitas dan Koordinasi dalam Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Penigkatan Pemberdayaan Usaha Syariah."

Bentuk kegiatan berupa workshop terkait Brainstroming Pengembangan Ekosistem Bisnis HEBITREN dan Penguatan Kelembagaan Peran serta Pesantren Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca juga: BI Sumbar jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah Regional Sumatera 2020

Kegiatan Sharia Fair:

Mini Fair

  • Menampilkan 25 UMKM Syariah Binaan KPw BI Sumbar, terdiri dari fashion, food dan Kriya yang dilaksanakan di Lantai 1 Transmart Padang. Selain itu, booth juga akan diisi oleh Lembaga keuangan Syariah, Lembaga keuangan non bank Syariah dan lembaga Filantrophy pemberdayaan ZIswaf.

Live Selling

  • Dimana, produk UMKM sebagai alternative promosi dalam rangka meningkatkan penjualan.

Business matching

  • Dalam rangka meningkatkan penjualan produk UMKM.

FESMina 2022 juga menyelenggarakan berbagai perlombaan yang nantinya pemenang di setiap perlombaan akan mewakili Sumatera Barat di tingkat FESyar Regional Sumatera di Aceh.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: