103 PSM di Agam Ikuti Bimtek Dasar

Al Imran | Rabu, 27-07-2022 | 19:26 WIB | 84 klik | Kab. Agam
<p>103 PSM di Agam Ikuti Bimtek Dasar<p>

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, Rafdinal (anggota DPRD Sumbar) dan lainnya, foto bersama dengan peserta Bimtek PSM, Selasa malam. (humas)

AGAM (26/7/2022) - Sebanyak 103 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se-Kabupaten Agam, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Dasar PSM yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Sumatera Barat, pada 26 hingga 28 Juli 2022, di Lubuk Basung.

Bimtek yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanakan tugas pengabdiaannya di bidang usaha kesejahteraan sosial, ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, Selasa malam.

Dalam sambutannya, Irwan Fikri berharap, Bimtek ini dapat dijadikan sebagai momentum evaluasi dan introspeksi dalam rangka peningkatan mutu PSM sebagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang ada di masyarakat.


Menurut Irwan, Bimtek dasar PSM ini sangat penting sebagai bekal PSM yang hadir sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat, oleh sebab itu pemberdayaan PSM sangat penting diperjuangkan agar mampu mengelola urusan kesejahteraan sosial sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"PSM merupakan salah satu bentuk mitra kerja dalam pembangunan kesejahteraan sosial tumbuh, berkarya dan berbakti di tengah-tengah masyarakat."

"Peran fungsi dan tanggung jawab PSM harus mampu melaksanakan fungsinya sebagai pelaksana dan atau pendamping usaha kesejahteraan sosial di lingkungannya. Untuk menjawab tuntutan diatas, maka diperlukan peningkatan kualitas PSM melalui Bimtek Dasar PSM," ujar Irwan.

Irwan juga menambahkan, pelatihan ini merupakan media pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan profesi pekerjaan sosial maupun ilmu pendukung lainnya yang diperlukan PSM dalam melaksanakan tugas dan fungsinya PSM di masyarakat, sebagai motivator, dinamisator, organisator, pemberdaya, serta mediator san pengembangan jaringan kerja.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi, dalam laporannya menyampaikan, peserta Bimbingan Teknis Dasar Pekerja Sosial Masyarakat berasal dari relawan sosial dan pekerja sosial masyarakat yang belum pernah mendapatkan bimtek dasar sebanyak 103 orang yang berasal dari Kabupaten Agam.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanakan tugas pengabdiaannya di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial."

"Meningkatnya motivasi dan kinerja PSM dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umumnya dan PMKS khususnya," kata Ary.

Dalam Bimtek yang diselenggarakan selama tiga hari ini menghadirkan narasumber Gubernur Sumbar, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Dinas Sosial Kabupaten Agam, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional Sumatera serta motivator organisasi kepemudaan. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar