Kwarran Ranah Batahan dan Koto Balingka Ikuti LT 2, Ini Harapan Risnawanto

Al Imran | Jumat, 29-07-2022 | 22:00 WIB | 100 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>Kwarran Ranah Batahan dan Koto Balingka Ikuti LT 2, Ini Harapan Risnawanto<p>

Ka Kwarcab 0317 Kabupaten Pasaman Barat, foto bersama peserta Lomba Tingkat 2 (LT 2), di Lapangan Hijau Silayang Kwartir Ranting (Kwarran) Ranah Batahan dan di Lapangan Objek Wisata Peridon Siap Maju Kwarran Koto Balingka, Jumat. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (29/7/2022) - Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) 0317 Kabupaten Pasaman Barat, Risnawanto didampingi stakeholder terkait, menghadiri sekaligus membuka Lomba Tingkat 2 (LT 2), Jumat.

Kegiatan diselenggarakan di Lapangan Hijau Silayang Kwartir Ranting (Kwarran) Ranah Batahan dan di Lapangan Objek Wisata Peridon Siap Maju Kwarran Koto Balingka.

Dalam amanatnya, Ka Kwarcab 0317 Pasbar Risnawanto mengungkapkan lamanya masa pandemi yang dilalui membuat siswa-siswi di sekolah merasa jenuh dan merasa bosan.


Untuk itu, kegiatan perkemahan yang diikuti dapat menghibur dan memberikan suasana baru. Kegiatan seperti ini juga memberikan ilmu dan pengalaman yang tidak didapatkan dibangku sekolah.

"Dua tahun sudah kegiatan seperti ini terhenti, vakum dan tentunya menimbulkan rasa bosan di kalangan adik-adik kita ini. Proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan di sekolah telah dialihkan dengan pembelajaran online. Tentu 2 tahun bukan waktu yang singkat," ucapnya.

Ia juga meminta siswa-siswi itu agar berinovasi dan mempunyai jiwa yang kreatif sebagai generasi muda penerus bangsa. Selain itu, pentingnya menanamkan tanggungjawab di dalam diri yang dapat diterapkan dalam sosial kemasyarakatan.

Ia menambahkan, adanya Jamnas di bulan Agustus mendatang, harus dipersiapkan sebaik mungkin. Untuk itu, ia meminta peserta lomba menjaga kesehatan, berlatih dengan rajin dan disiplin serta menambah ilmu baik di bangku sekolah maupun kegiatan ekstrakulikuler seperti kepramukaan.

Sementara, Ketua Panitia Kwarran Ranah Batahan, Maulub mengatakan, LT 2 dilaksanakan pada 29-31 Juli 2022 dan diikuti oleh beberapa Kwartir Ranting.

Peserta LT 2 Kwartir Ranting Ranah Batahan berjumlah 45 regu yakni 23 regu putri 22 putra yang masing-masingnya terdiri dari 8 orang siswa. Peserta berasal dari siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan tingkat menengah.

"Peserta terdiri dari 18 SD, 3 Tsanawiyah dan 3 SMP se-Kecamatan Ranah Batahan. Dana dibebankan bersama kepada sekolah yang mengikuti kegiatan lomba ini," jelas Maulub.

Hal serupa dipaparkan Ketua Panitia Kwarran Koto Balingka, Rusliadi. Ia menjelaskan, LT 2 Koto Balingka dilaksanakan pada 29-31 Juli 2022.

LT 2 diikuti oleh 20 SD, 5 SMPN dan 3 MTS dengan jumlah peserta putra sebanyak 224, peserta putri sebanyak 224 dan jumlah pembina pendamping sejumlah 56 orang.

Diakhir kegiatan, Ka Kwarcab 0317, Risnawanto memberikan reward kepada adik-adik penggalang yang telah membacakan dan menghafalkan UUD 1945, Pancasila dan Dasadarma Pramuka masing-masing sebanyak Rp100 ribu.

Ia juga memberikan Rp100 ribu kepada pemimpin upacara dan kepada beberapa adik-adik yang berhasil menjawab kuis yang diberikan Ka Kwarcab masing-masing Rp50 ribu. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar