PHRI Sumbar Siapkan Diskon dan Paket Menarik Sambut Wisatawan di 2023, Ini Arahan Gubernur

Al Imran | Jumat, 29-07-2022 | 22:52 WIB | 97 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>PHRI Sumbar Siapkan Diskon dan Paket Menarik Sambut Wisatawan di 2023, Ini Arahan Gubernur<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan sambutan pada coffee morning bersama pengurus DPD PHRI Sumbar yang juga dihadiri Audy Joinaldy (Wakil Gubernur), di Pangeran Beach Hotel, Padang. (humas)

PADANG (29/7/2022) - Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat, Rina Pangeran menyatakan, sejak awal berkomitmen memajukan ekonomi kreatif.

"Sesungguhnya, destinasi wisata Sumbar sangat diminati wisatawan nusantara dan mancanegara. Sebelum pandemi Covid-19 melanda setiap tahun tak kurang dari 50 ribu wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Barat didominasi wisatawan dari Malaysia," ungkap Rina di Padang, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan Rina, saat memimpin Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI Sumbar serta pimpinan hotel dan restoran, coffee morning bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Audy Joinaldy (Wakil Gubernur), di Pangeran Beach Hotel, Padang.


Ditegaskan Rina, PHRI Sumbar siap menyukseskan Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023. Kemudian, juga siap membangun pariwisata di Sumbar sekaligus berkontribusi aktif membangun pasar yang mampu mengembangkan perekonomian daerah.

"Anggota kita siap dengan berbagai program diskon dan paket menarik hotel dan restoran, bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumbar di sepanjang tahun 2023," ungkapnya.

Sinergisitas

Mahyeldi mengapresiasi dukungan PHRI dengan berbagai program.yang telah dan yang akan dilaksanakan.

Secara khusus, dia juga meminta kepala OPD terkait, untuk memberikan dukungan di antaranya mengirimkan siswa SMK jurusan kesenian, untuk tampil di berbagai ivent yang ada di hotel.

"Kita apresiasi program dan kegiatan PHRI Sumbar karena sangat mendukung pariwisata Sumbar. Untuk kesenian, kita akan kirimkan siswa-siswa SMK kesenian untuk tampil di hotel," ungkapnya.

"Termasuk UMKM, banyak produk UMKM Sumbar yang bisa disinergi dan kerjasamakan dengan hotel," ujar dia.

Mahyeldi menambahkan, Pemprov Sumbar saat ini juga tengah memfokuskan perhatian pada beberapa destinasi wisata andalan di Sumbar seperti danau-danau di Sumbar.

Termasuk Danau Maninjau, Pemprov telah menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat setempat untuk menyiapkan lahan untuk jalan alternatif dari Malalak tembus ke Bayur, sepanjang 11 km.

Selain itu, untuk memperlancar jalur transportasi ke Kota Bukittinggi, khususnya menghindari macet di Padang Lua, menurut Mahyeldi, saat ini Pemprov Sumbar juga sedang mengupayakan lanjutan pembaangunan jalan bypass.

"Ini semangat kita bersama. Kita tak bisa kerja sendiri, perlu dukungan PHRI juga," tambahnya.

Hal senada disampaikan Audy. Dia mengapresiasi program PHRI. Secara khusus, Audy berharap, PHRI bisa menggandeng UMKM Sumbar yang juga bisa menyediakan berbagai kebutuhan hotel, mulai dari pernak-pernik kamar, toiletris hingga sendal hotel.

"UMKM kita siap bersaing. Variasi produknya juga sangat banyak. Untuk kualitasnya juga tidak kalah," kata Audy.

Dalam coffee morning yang berlangsung santai ini, anggota PHRI juga menyampaikan beberapa informasi dan masukan demi peningkatan pariwisata Sumbar.

Di antaranya PHRI diakhir tahun ini akan menggelar fashion week 2022 yang menampilkan produk-produk khas Minangkabau, mulai dari tenun hingga batik.

PHRI juga berharap pemerintah daerah bisa segera mengupayakan dibukanya kembali jalur penerbangan internasional. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar